APAKAH SISWA MENGALAMI KECEMASAN PADA SAAT BELAJAR LOMPAT TINGGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran lompat tinggi gaya flop pada siswa kelas XI MIPA MAN 2 Pontianak.Metode yang digunakan adalah metode deskripstif kuantitatif dengan bentuk penelitian survei. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebesar 33 siswa dengan siswa XI MIPA MAN 2 Pontianak. Dan sampel yang dipilih adalah total sampling yang artinya peneliti mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 33 siswa. Hasil penelitiaan menunjukkan tingkat kecemasan siswa MAN 2 Pontianak dalam mengikuti pembelajaran materi lompat tinggi gaya flop pada kategori rendah yang berjumlah 14 siswa yang memiliki jumlah persentase sebesar 42,42%. Dapat disimpulkan bahwa secara psikologi, siswa tidak merasakan cemas, tidak takut, tidak tegang dalam melakukan pembelajaran lompat tinggi gaya flop. Sedangkan secara fisiologi, siswa tidak merasakan keringat dingin di tangan, tidak merasakan sesak dan tidak gemetaran, tidak merasa mual, akan tetapi terdapat gejala yang sebagian di rasakan siswa dalam melakukannya seperti merasa mau buang air kecil dan mengalami sedikit resah dengan ejekkan teman pada saat melakukan pembelajaran lompat tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amali, B. A., & Etika Rahmawati, L. (2020). Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109–118. https://doi.org/10.22219/JIPT.V8I2.12306
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathurrozi, Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2020). TINGKAT KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KAYANG DI SMP ISLAM BAWARI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1). https://doi.org/10.26418/JPPK.V9I1.38766
Hanan, H. I., Lusiana, L., Zahra, S., & Purnama, Y. (2022). Anxiety Level in Floor Kayang Gymnastics Learning. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 2(2), 89–94. https://doi.org/10.26740/IJOK.V2N2.P89-94
Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, A. S. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA siswa sekolah dasar. CV. Sarnu Untung. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=z-8fEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR9&dq=Nomor+yang+dipertandingkan+dalam+atletik+pada+dasarnya+dibagi+menjadi+dua+kategori+yaitu+nomor+lapangan+dan+nomor+jalur,+juga+dikenal+sebagai+nomor+lintasan+dan+lapangan&ots=VC6yq
Ilham Arvan Junaidi. (2018). KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN DENGAN HASIL LOMPAT TINGGI GAYA FLOP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 1(1), 62–73. https://doi.org/10.31851/HON.V1I1.1503
Iskandar, T. (2015). HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KELENTUKAN PUNGGUNG, DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KEMAMPUAN LOMPAT TINGGI GAYA FLOP. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 6(2), 163–173. https://doi.org/10.33558/MOTION.V6I2.505
Nindyowati, M. H., & Priyonoadi, B. (2016). TINGKAT KECEMASAN ATLET AEROMODELLING KELAS FREE FLIGHT SETELAH MENGALAMI CEDERA BAHU MENJELANG PERTANDINGAN. MEDIKORA, 15(1), 69–84. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V15I1.10067
Pungki Indarto, Vera Septi Sistiasih, & Nurhidayat. (2018). Pandai Mengajar dan Melatih Atletik . Muhammadiyah University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Rmp2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Lompat+tinggi+merupakan+pilihan+nomor+yang+unik+dalam+cabang+olahraga+atletik+yang+terbagi+beberapa+gaya+yaitu+Gaya+gunting+,+Gaya+gunting+ala+Sweney+,+Gaya+guling+sisi+,+Gaya+guling+per&ots=AkMuepNGEk&sig=wpvkoo-GxFAB8shll2rn0SqQs5U&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Riani, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 2(03 April), 1021–1029. http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/647
Suhada, S., Gustiawati, R., & Abduloh, A. (2021). Analisis Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Dari Rumah Di SMA/SMK Kecamatan Cibuaya. Jurnal Patriot, 3(4), 428–435. https://doi.org/10.24036/PATRIOT.V3I4.814
Wachid Adi Prasetyo. (2018). Tingkat Kecemasan Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Mireng Dan Sd Negeri 3 Palar Dalam Melakukan Gerakan Loncat Harimau. 1–9.
Yahya Eko Nopiyanto, & Septian Raibowo. (2020). Dasar-dasar Atletik -. Elmarkazi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lAUQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA54&dq=Nomor+yang+dipertandingkan+dalam+atletik+dibagi+menjadi+dua+kategori+yaitu+nomor+lapangan+dan+nomor+track,+juga+dikenal+sebagai+nomor+lintasan+dan+lapangan&ots=tjlU_yTz7g&sig=XeCvELwFJa5AGi175f8tWspJJNU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Yusup, I. M., Resita, C., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Modifikasi Media Karet Gelang dalam Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Tinggi Gaya Gunting pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5).
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.46874
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.