PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX PADA WASIT ASKAB KARAWANG

Aji Mustopa, Deden Akbar Izzuddin, Qorry Armen Gemael

Abstract


Berdasarkan pengamatan langsung di Lapangan pada saat memimpin sebuah pertandingan sepakbola pada wasit askab Karawang, banyak para wasit yang sering mengalami kelelahan dan juga sering kehilangan konsentrasi pada saat memimpin sebuah pertandingan dikarenakan faktor VO2Max yang kurang. Banyak kesalahan atau keputusan yang kurang tepat sehingga menghasilkan beberapa protes dari pemain maupun pelatih. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan Circuit training terhadap VO2Max. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan pendekatan kuantitatif berbentuk one grup pretest-posttestdesign. Menggunakan metode pre-eksperimen peneliti dapat dengan sengaja melakukan observasi untuk menentukan ada atau tidaknya berhubungan antara dua variabel dan seberapakah tingkat pengaruh Circuit training terhadap peningkatan VO2Max. Populasi yang digunakan yaitu Wasit Askab Karawang dengan Teknik sampling total sampling berjumlah 35 wasit. Tes Balke atau Balke test digunakan untuk instrument pengambilan data di Lapangan. Data pretest memiliki rata-rata 34 dan posttest memilki rata-rata 35,2, dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test diperoleh sebesar 54.0 (W_hitung). Tingkat signifikasi kesalahan 5% maka diperoleh nilai kritis pada table critical values adalah 195 (W_tabel). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh peningkatan VO2max yang signifikan sebelum dan sesudah melakukan circuit training pada wasit askab Karawang.


Keywords


Wasit, Kondisi Fisik, Circuit Training

Full Text:

PDF

References


Bafirman, and Asep sujana Wahyuri. 2019. Pembentukan Kondisi Fisik.

Febriyani, Nessiha, Niversitas Nusantara, Persatuan Guru, Republik Indonesia, and U. N. Pgri Kediri. 2022. “TINGKAT PEMAHAMAN PERATURAN PERMAINAN SEPAKBOLA ( LAWS OF THE GAME ) WASIT LIGA 1 , LIGA 2 , DAN LIGA 3 ASOSIASI PROVINSI ( ASPROV ) PERSATUAN SEPAKBOLA SELURUH INDONESIA ( PSSI ) JAWA TIMUR PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 SKRIPSI.”

I. alfalihin, A. Osmond, A. Ansori. 2020. “PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN FARTLEK DAN INTERVAL TERHADAP DAYA TAHAN (ENDURANCE).” 14(1):1–27.

Izzuddin, Deden Akbar, Qorry Armen Gemael, and Syahrul Fauzi. 2020. “Hubungan Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Keterampilan Passing Dalam Pembelajaran Sepak Bola Kelas VII Di SMPN 1 Purwasari.” Jurnal SPEED (Sport, Physical Education, and Empowerment) 3(1):7–12.

Khuliman, Muhammad Tashlih. 2019. “Perwasitan Sepakbola Askot Pssi Kota Semarang Tahun 2018 Skripsi.”

Putri, Aulia Eka, Donie, Adnan Fardi, and Ronnie Yenes. 2020. “Metode Circuit Training Dalam Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Daya Ledak Otot Lengan Bagi Atlet Bolabasket.” Jurnal Patriot 2(3):680–91.

Sugiyono. 2017. “Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.” 1–23.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.47317

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.