KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK: TREN PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DALAM PENJAS

Dastin Najmii Alfiyyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu sejauh mana tren penerapan dan pengembangan model pembelajaran motorik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan database Google Scholar. Dalam tahap pencarian artikel, peneliti menyusun protokol kriteria inklusi dengan jenis penelitian berupa artikel jurnal yang diterbitkan oleh jurnal nasional. Subjek dalam penelitian yang dicarikan merupakan peserta didik pada suatu satuan pendidikan tingakat SD-SMA. Lokasi penelitian dilakukan di satuan pendidikan khususnya pada pembelajaran PJOK. Setelah dilakukan analisis didapatlah 13 artikel jurnal yang relevan dengan kriteria inklusi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tren pengembangan model pembelajaran motorik di setiap tahunnya selalu dikemas dalam bentuk permainan yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Kemudian model pembelajaran motorik ini lebih sering digunakan pada kegiatan pembelajaran penjas di tingkat sekolah dasar. Model pembelajaran motorik yang dikembangkan ke dalam bentuk variasi permainan dinilai efektif dan layak dalam mengembangkan keterampilan motorik peserta didik, bahkan dapat mengembangkan aspek lainnya seperti aspek afektif dan kognitif.

Keywords


penjas, model pembelajaran motorik, systematic literature review

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446

Alfarisi, M. F., Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Wulandari, I. (2023). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor dan Objek Kontrol Siswa SDNegeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 6, 67–73.

Amirzan, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(1), 85. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7843

Andriadi, A., & Saputra, A. (2021). Pengembangan model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan untuk anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.35422

Andrian, R., Suroto, S., Tuasikal, A. R. S., Dhani, S. S. S., & Setyorini, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Motorik Berbasis Movement Based Games Pada Siswa Sekolah Dasar. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 64. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p64-74

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini: Vol. IV (Nomor 2).

Gazali, O. :, Adnan, A., & Olahraga, P. (2017). HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KLATEN THE RELATIONSHIP BETWEEN MOTOR ABILITY AND STUDENT PHYSICAL FITNESS CLASS VII IN SMP NEGERI 2 KLATEN.

Habibi Ar, M. W., Muhammad, H. N., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Melalui Permainan Sirkuit “Rilo Ngale" pada Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 149–161. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14109

Hasbi, P. S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 46–58.

Haris, Fahmil. Fahd Mukhtarsyaf, L. (2019). Pengembangan Model Pembalajaran Motorik Berbasis Media Audio visual Bagi Siswa SDN di Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Stamina, 53(9), 11.

Kurdi, K., & Sukadiyanto, S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENGGUNAKAN AGILITY LADDER UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2625

Lutan, R. (1996). Hakikat dan Karakteristik Penjaskes. Depdikbud.

Lutan, R. (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani: Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Depdiknas.

Ma’mun, A., & Saputra, Y. (2000). PERKEMBANGAN GERAK. Depdikbud.

Mallu, J. (2023). Peneparan Model Pembelajaran Permainan dalam Pengembangan Motorik Anak di SMP Negeri 2 Wonomuyo. 2, 26–33.

Muga, Y., Bate, N., Ricardus Natal, Y., Studi PJKR, P., & Citra Bakti, S. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DI KECAMATAN GOLEWA. Jurnal Edukasi Citra Olahraga (JECO), 1(2). http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jor/index

Mustafa, P., & Sugiharto. (2020). KETERAMPILAN MOTORIK PADA PENDIDIKAN JASMANI MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK SEUMUR HIDUP. Jurnal Sporta Saintika, 5, 199–218.

Nugraheni, K. (2019). TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA LEVEL OF MOTORIC ABILITY OF THE GRADE SEVEN STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 1 SLEMAN YOGYAKARTA.

Purwanti, T. (2015). TINGKAT KEMAMPUANMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL YOGYAKARTA.

Putranto, D., & Ulfah, W. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Siswa Sekolah Dasar. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 17. https://doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3532

Rejeki, H. S., Tadulako, U., Gerak, P., & Lokomotor, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2), 218–232. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/1655/1296

Riyanto, I. A., & Kristiyanto, A. K. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 94. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8679

Salman, E., & Darsi, H. (2020). Pengembangan Aktivitas Gerak Berbasis Modifikasi Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Motorik pada Anak Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(1), 47–60. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1203

Sudadik, & Raharjo, H. (2021). Tingkat Perkembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora (Vol. 2, Nomor 1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Sujiono, B., Sumantri, & Chandrawati, T. (2018). Hakikat Perkembangan Motorik Anak.

Sukamti, E. (2018). Perkembangan Motorik (S. Amalia, Ed.; Edisi Pertama). UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.52874

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.