INTERKONEKSI PSIKOLOGIS PENJAS DAN ISLAM: Sistematic Literatur Review

Muhamad Rovik Muharam, Jenuri Jenuri, Acep Purnama, Andrian Nurcholis Majid

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kondisi yang tidak sesuai antara psikologis penjas yang dilandasi dengan perkembangan psikologi Islam. Pendidikan selama ini banyak mendasarkan teori dan konsepnya pada psikologi barat. Sebut saja sebagai contoh Psikoanalisa dan Behaviorisme, yang mana kedua aliran tersebut dalam memandang manusia berbeda dengan Islam.dengan menggunakan metode literature review yang merupakan pengkajian hasil penelitian terdahulu yang diambil dari mesin pencari Google Schoolar dari rentang waktu 2017 sampai dengan 2023. Sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa psikologi, pendidikan jasmani dan islam memiliki hubungan yang erat karena Psikologi pendidikan mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia dalam berolahraga, memberikan kontribusi dalam pengajaran dan latihan olahraga, memperhatikan potensi anak dalam konteks pendidikan jasmani, dan menerapkan pendekatan psikologis-fisiologis dalam pembelajaran jasmani.

Keywords


Psikologi, Penjas, dan Islam

Full Text:

PDF

References


Affifah, A., Suhailah, N., & Anggraini, S. P. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Emosional Anak melalui Bimbingan Konseling Islami: Perspektif Orang Tua dan Guru. Innovative: Journal Of Social …, 3(3), 976–990. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2314%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2314/1652

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Armylasari, E. T., & Wiludjeng, F. A. (2018). Peran Komunitas Berbagi Nasi Dalam Membantu Pemerintah Untuk Mensejahterakan Kaum Dhuafa (studi pada Komunitas Berbagi Nasi Kabupaten Tulungagung). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.35457/translitera.v5i2.359

Azisi, A. M. (2020). Peran Agama dalam Memelihara Kesehatan Jiwa dan Kontrol Sosial Masyarakat. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 11(2), 55–75.

Djubaydi, D., Asmuni, A., & Nurhayati, E. (2023). Internalisasi nilai pendidikan islam pada anak terlantar. Edukasi Islami, 12, 14–20. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4622

Dunan, H., & Sulistiandari, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Terhadap Performance Pertandingan Atlit Karate di Forki Lampung. Jurnal EMT KITA, 7(3), 625–629. https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1134

Fuad, I. (2016). Ikhwan Fuad ~. 31–50.

Masyhuri. (2012). Prinsip-Prinsip Tazkiyah Al-Nafs Dalam Islam Dan Hubungannya Dengan Kesehatan Mental. Jurnal Pemikiran Islam, 37(2), 95–102.

Nopiyanto, Y. E., Pujianto, D., & Ibrahim, I. (2022). Kondisi Psikologis Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Kelas Tatap Muka Terbatas. Sporta Saintika, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.24036/sporta.v7i1.209

Nur Furqani, N. (2021). Peranan religiusitas dan kecerdasan spiritual terhadap peningkatan kesejahteraan psikologis. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.16491

Pendemi, E., Rahmani, M., Basuki, S., Arifin, S., & Mangkurat, U. L. (2022). Jurnal Patriot. 4, 36–47.

Putri, D. A., & Rinengganingtyas, S. (n.d.). Dasar Berdasarkan Kajian Islam. 1996–1999.

Ridhani, G. A. A., Nabil, M., & Saputra, D. (2023). Manfaat Sujud Dalam Islam Studi Kasus Pada Maysrakat Martapura Kalimantan Selatan. 1, 582–595.

Satriawan, R. (2021). Musamus Journal of Physical Education and Sport ( MJPES ) Guru Penjaskesrek Perlu Memahami Agama Islam : Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pendidikan Jasmani Penjaskesrek , STKIP Taman Siswa Abstrak Vol . No . / Musamus Journal of Physical Education . 03(02), 193–203. https://doi.org/10.35724/mjpes.v

Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298

Zaidar, M., Pontianak, I., & Barat, K. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pengembangan Karakter Anak di Era Modern : Kajian Konseptual. Islamic Insights Journal, 05(01), 42–55.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.53996

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.