TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU

Muhammad Sadiqin, Ramadhan Arifin, Mashud Mashud

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menilai tingkat kemahiran/keterampilan dasar bermain futsal pada peserta ektrakurikuler SMP NEGERI 2 Banjarbaru yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal.Metode pada  penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakuruikuler di SMP Negeri 2 Banjarbaru yang berjumlah 10 orang, populasi dari pendapat sugiyono dapat disimpulkan bahwa populasi merupakan semua informasi yang berasal dari ciri-ciri khusus dalam suatu penelitian. Sampel dan populasi dalam penelitian ini mencakup semua peserta. ekstrakulikuler futsal di SMP Negeri 2 Banjarbaru berjumlah 10 peserta ektrakurikuler. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis statistik deskriptif menggunakan metode persentase. Menurut penelitian dan diskusi, pemain ekstrakurikuler futsal memiliki keterampilan bermain futsal di SMP Negeri 2 Banjarbaru pada tes passing dan stopping adalah Tinggi dengan mempertimbangkan frekuensiterbanyak ada pada 4 peserta ekrakurikuler atau 40% , pada tes dribbling adalah Tinggi dengan mempertimbangkan frekuensiterbanyak ada pada 4 peserta ekrakurikuler atau 40%, dan tes shooting mendapat Sedang dengan mempertimbangkan frekuensiterbanyak ada pada 4 peserta ekrakurikuler atau 40%.


Keywords


Keterampilan Dasar, Latihan, Futsal, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Narlan Abdul, & Januar Tri Dicky. (2020). PENGUKURAN DAN EVALUASI OLAHRAGA ( PROSEDUR PELAKSANAAN TES DAN PENGUKURAN DALAM OLAHRAGA PENDIDIKAN DAN PRESTASI ). Deepublisher.

Febriantika, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi. BaturajaJournal Of Educational Technology, 2(2), 135–137.

Rahmadi, R. (2016). Pemikiran Metodologis a. Mukti Ali Tentang Penelitian Agama. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 14(2), 107.

Rahmadi, R. (2016). Pemikiran Metodologis a. Mukti Ali Tentang Penelitian Agama. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 14(2), 107. https://doi.org/10.18592/jiu.v14i2.695

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. RinekaCipta

Winarno. (2007). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang.

Zahroh, A. (2021). Transformasi Budaya Aswaja di Pesantren. Tarbiyatuna, 14(1), 69.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.54106

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.