PERSPEKTIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK

Fitriana Puspa Hidasari, Muhammad Fachrurrozi Bafadal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik di Sekolah Menengah Atas terhadap mata pelajaran PJOK disekolah. Oleh karena itu, penelitian ini akan fokus kepada pencarian dan pengumpulan data yang bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif dan bentuk penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SMAN 1 Kota Pontianak, selanjutnya akan di ambil sejumlah sampel menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil Penelitian menunjukkan perbedaan perspektif ditinjau dari jenis kelamin dan berdasarkan beberapa indikator. Berdasarkan pengalaman belajar lebih dari 50% peserta didik baik laki-laki maupun perempuan menyatakan sangat senang dengan mapel PJOK. Berdasarkan pelaksanaan dan materi pembelajaran kecenderungan trend jawaban siswa bersikap netral. Dan terakhir, berdasarkan indikator gaya mengajar, perspektif peserta didik sangat positif. Kesimpulan yang dapat diambil adalah secara umum perspektif peserta didik pada mata pelajaran PJOK menunjukkan tren positif yang dibuktikan dengan data kuantitatif.

Keywords: Perspektif, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan


Keywords


Keywords: Perspektif, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Cairney, J., Dudley, D., Kwan, M., Bulten, R., & Kriellaars, D. (2019). Physical Literacy, Physical Activity and Health: Toward an Evidence-Informed Conceptual Model. Sports Medicine, 49(3), 371–383. https://doi.org/10.1007/s40279-019-01063-3

Chaput, J.-P., Gray, C. E., Poitras, V. J., Carson, V., Gruber, R., Olds, T., Weiss, S. K., Connor Gorber, S., Kho, M. E., Sampson, M., Belanger, K., Eryuzlu, S., Callender, L., & Tremblay, M.

S. (2016). Systematic review of the relationships between sleep duration and health indicators in school-aged children and youth. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 41(6 (Suppl. 3)), S266–S282. https://doi.org/10.1139/apnm-2015-0627

Emmond, S., Weaving, D., Lara-Bercial, S., & Till, K. (2021). Youth Sport Participation Trends In Europe. Erasmus+ Sport Project ICOACHKIDS. https://www.researchgate.net/profile/Sergio- Lara- Bercial/publication/352550461_YOUTH_SPORT_PARTICIPATION_TRENDS_IN_EUROPE

_An_output_of_Erasmus_Sport_Project_ICOACHKIDS/links/60cee1ff299bf1cd71e15883/YO UTH-SPORT-PARTICIPATION-TRENDS-IN-EUROPE-An-output-of-

Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Dasar: Deskripsi Permasalahan, Urgensi, dan Pemahaman Dari Perspektif Guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31083

Kallio, J., Hakonen, H., Syväoja, H., Kulmala, J., Kankaanpää, A., Ekelund, U., & Tammelin, T. (2020). Changes in physical activity and sedentary time during adolescence: Gender differences during weekdays and weekend days. Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, 30(7), 1265–1275. https://doi.org/10.1111/sms.13668

Marić Jurišin, S., Malčić, B., & Kostović, S. (2017). Attitudes Of Junior Adolescents Toward Physical Education Through The Prism of Contextual Factors And Traits Of A Child. Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), 17(5), 2207–2213. https://doi.org/10.7752/jpes.2017.s5230

Martin, R., & Murtagh, E. M. (2017). Teachers’ and students’ perspectives of participating in the ‘Active Classrooms’ movement integration programme. Teaching and Teacher Education, 63, 218–230. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.01.002

Mathisen, F. K. S., Kokko, S., Tynjälä, J., Torsheim, T., & Wold, B. (2019). Leisure‐time physical

activity and participation in organized sports: Changes from 1985 to 2014 in Finland and Norway. Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, 29(8), 1232–1242. https://doi.org/10.1111/sms.13431

Piercy, K. L., Troiano, R. P., Ballard, R. M., Carlson, S. A., Fulton, J. E., Galuska, D. A., George, S. M., & Olson, R. D. (2018). The physical activity guidelines for Americans. JAMA - Journal of the American Medical Association, 320(19), 2020–2028. https://doi.org/10.1001/jama.2018.14854

Sääkslahti, A., & Duncombe, R. (2019). Finland. In The Physical Development Needs of Young Children (pp. 60–68). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429469831-6

Setiawan, C. (2004). Krisis Identitas dan Legitimasi dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.112

Tangkua, M. A., Rahayu, T., & Soegiyanto. (2015). Peran Dan kedudukan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di SMA (Studi Exploratif Mengenai Eksistensi PJOK Dari Perspektif Peserta Didik). Journal of Physical Education and Sports, 4(2), 113–121. https://doi.org/10.15294/JPES.V4I2.9879

Trigueros, R., Aguilar-Parra, J. M., Cangas, A. J., López-Liria, R., & Álvarez, J. F. (2019). Influence of Physical Education Teachers on Motivation, Embarrassment and the Intention of Being Physically Active During Adolescence. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(13), 2295. https://doi.org/10.3390/ijerph16132295

Yilmaz, A. (2019). Physical Education and Sports Lesson from Science High School Students’ Perspective: Mixed Research Approach. Journal of Education and Training Studies, 7(4), 96. https://doi.org/10.11114/jets.v7i4.4030

Yli-Piipari, S. (2014). Physical Education Curriculum Reform in Finland. Quest, 66(4), 468–484. https://doi.org/10.1080/00336297.2014.948688

Zhu, X. (2013). Exploring Students’ Conception and Expectations of Achievement in Physical Education. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 17(1), 62–73. https://doi.org/10.1080/1091367X.2013.741368

Zhu, X. (2015). Student perspectives of grading in physical education. European Physical Education Review, 21(4), 409–420. https://doi.org/10.1177/1356336X15569628




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.54193

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.