PERSEPSI IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENDIDIKAN JASMANI: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) merupakan sarana pencapaian tujuan pendidikan yang diterapkan melalui proses yang sistematis dengan tujuan agar peserta didik mendapatkan peningkatan pada masing-masing individunya secara organik, neumuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional (Rosdiani, 2013). Pada kenyataannya pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran pada setiap individu baik secara fisik, mental ataupun emosional. Penelitian ini memakai Tinjauan Literatur Sistematis atau (SLR) Systematic Literature Review. Systematic Literature Review adalah metode penelitan yang diaplikasikan untuk mengidentifikasi, menafsirkan, dan menilai semua bukti penelitian secara khusus (Daracantika et al., 2021). Prinsipnya systematic review merupakan metode penelitian merangkai hasil-hasil penelitian mendasar untuk menyediakan fakta yang lebih menyeluruh dan berimbang.Berdasarkan hasil pencarian yang diakukan dengan menggunakan kajian literature sistematis terdapat 183 dokumen yang kemudian diperoleh menjadi 5 artikel yang masuk pada proses akhir review. Berdasarkan kajian literatur sistematis yang sudah dipaparkan dapat dinilai bahwa kurikulum merdeka dalam penjas sangat efektif untuk memberikan dampak yang baik, baik untuk individu maupun kelompok. Hal ini menunjukan adanya dampak yang sangat baik dari kurikulum merdeka. Tetapi, masih banyak yang harus ditingkatkan untuk pelaksanaan kurkulum merdeka seperti, pelatihan bagi guru, perbaikan system kurikulum, pencarian informasi baru, dan pendalaman kepribadian siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, K., Purnamaningsih, I. R., & Dimyati, A. (2023). Analisis Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Dengan Kurikulum Merdeka Di Smkn 1 Jayakerta. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 109. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.11429
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Daracantika, A., Ainin, A., & Besral, B. (2021). Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4647
Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, & Alit Rahmat. (2023). Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 294–306. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Irvansyah, D., Wahyudi, A. N., & Darumoyo, K. (2023). Pendahuluan. 6(2), 322–342. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.17213
Jariono, G., Nugroho, H., Amirzan, A., Lestari, I., Nurhidayat, N., & Marganingrum, T. (2022). Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Medikora, 21(1), 90–99. https://doi.org/10.21831/medikora.v21i1.44015
Jonathan Sarwono. (2010). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol.9(2), 119–132.
Journal, S. P. O. R. T., Sudrahat, K. M., Muhtar, T., & Susilawati, D. (2022). Journal of S.P.O.R.T.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic Reviews: The Experiences of a PhD Student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.32
Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222
Priyambudi, G., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Tingkat SMK Se-Kabupaten Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 789–792. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1624
Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2004). ANALISIS MESIN PENCARIAN GOOGLE SCHOLAR SEBAGAI SUMBER BARU UNTUK KUTIPAN. 3(2), 193–205.
Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. https://onesearch.id/Record/IOS2862.UNMAL000000000042678
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zaenal Arifin. (2017). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY. Stit Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan. https://doi.org/10.4324/9781315149783
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.56041
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.