PERSEPSI IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENDIDIKAN JASMANI: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Muhammad Sundaluhung Subagja, Kurnia Eka, Carsiwan Carsiwan

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) merupakan sarana pencapaian tujuan pendidikan yang diterapkan melalui proses yang sistematis dengan tujuan agar peserta didik mendapatkan peningkatan pada masing-masing individunya secara organik, neumuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional (Rosdiani, 2013). Pada kenyataannya pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran pada setiap individu baik secara fisik, mental ataupun emosional. Penelitian ini memakai Tinjauan Literatur Sistematis atau (SLR) Systematic Literature Review. Systematic Literature Review adalah metode penelitan yang diaplikasikan untuk mengidentifikasi, menafsirkan, dan menilai semua bukti penelitian secara khusus (Daracantika et al., 2021). Prinsipnya systematic review merupakan metode penelitian merangkai hasil-hasil penelitian mendasar untuk menyediakan fakta yang lebih menyeluruh dan berimbang.Berdasarkan hasil pencarian yang diakukan dengan menggunakan kajian literature sistematis terdapat 183 dokumen yang kemudian diperoleh menjadi 5 artikel yang masuk pada proses akhir review. Berdasarkan kajian literatur sistematis yang sudah dipaparkan dapat dinilai bahwa kurikulum merdeka dalam penjas sangat efektif untuk memberikan dampak yang baik, baik untuk individu maupun kelompok. Hal ini menunjukan adanya dampak yang sangat baik dari kurikulum merdeka. Tetapi, masih banyak yang harus ditingkatkan untuk pelaksanaan kurkulum merdeka seperti, pelatihan bagi guru, perbaikan system kurikulum, pencarian informasi baru, dan pendalaman kepribadian siswa.


Keywords


Persepsi Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum Merdeka, Evaluasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka dalam Penas

Full Text:

PDF

References


Aji, K., Purnamaningsih, I. R., & Dimyati, A. (2023). Analisis Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Dengan Kurikulum Merdeka Di Smkn 1 Jayakerta. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 109. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.11429

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Daracantika, A., Ainin, A., & Besral, B. (2021). Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4647

Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, & Alit Rahmat. (2023). Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 294–306. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Irvansyah, D., Wahyudi, A. N., & Darumoyo, K. (2023). Pendahuluan. 6(2), 322–342. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.17213

Jariono, G., Nugroho, H., Amirzan, A., Lestari, I., Nurhidayat, N., & Marganingrum, T. (2022). Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Medikora, 21(1), 90–99. https://doi.org/10.21831/medikora.v21i1.44015

Jonathan Sarwono. (2010). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol.9(2), 119–132.

Journal, S. P. O. R. T., Sudrahat, K. M., Muhtar, T., & Susilawati, D. (2022). Journal of S.P.O.R.T.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic Reviews: The Experiences of a PhD Student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.32

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Priyambudi, G., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Tingkat SMK Se-Kabupaten Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 789–792. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1624

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2004). ANALISIS MESIN PENCARIAN GOOGLE SCHOLAR SEBAGAI SUMBER BARU UNTUK KUTIPAN. 3(2), 193–205.

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. https://onesearch.id/Record/IOS2862.UNMAL000000000042678

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zaenal Arifin. (2017). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY. Stit Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan. https://doi.org/10.4324/9781315149783




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.56041

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.