EKSPLORASI MODEL PEMBELAJARAN DAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN RENANG: SYSTEMATIC LITARATURE REVIEW

Anuqiron Anuqiron, Alit Rahmat, Carsiwan Carsiwan

Abstract


Pertama penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, penemuan baru dan menambah wawasan bagi pembaca maupun peneliti. Kedua, menguji kebenaran bukti atau  pengetahuan yang ada dan ketiga, menguji perkembangan model pembelajaran olahraga renang pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode Systematic Litarature Review (SLR). Database dalam penelitian ini menggunakan Google Scholar untuk mecari literature yang tersedia. Artikel penelitian yang memenuhi kriteria kemudian dikumpulkan dan dihasilkan abstrak jurnal yang meliputi nama penulis, tahun penerbitan jurnal, desain penelitian, tujuan penelitian, sampel, instrumen (alat ukur) dan ringkasan hasil maupun temuan. Pencarian artikel yang relevan dengan penelitian ini dibatasi dalam publikasi 10 tahun terakhir yang diterbitkan jurnal nasional dan terakreditasi yang dapat diakses secara terbuka. Terdapat 8 artikel yang membahas  model pembelajaran dan pendekatan bermain dalam pembelajaran renang. artikel tersebut dicari dengan menggunakan kata kunci “model pembelajaran, pendekatan bermain dan pembelajaran renang”. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis penilaian kritis kemudian dapat menemukan  hasil penelitian untuk menganalisis  inti artikel, persamaan dan perbedaan  artikel-artikel tersebut. Ada beberapa hal penting yang didapat dari beberapa artikel diantaranya identifikasi metode pembelajaran renang anak dengan menjelaskan  metode  efektif berdasarkan beberapa penelitian terkait untuk dijadikan  acuan dalam pembelajaran renang. Kedua, model pembelajaran dan pendekatan bermain dapat meningkatkan gerak aktif anak dan mencegah rasa bosan. Ketiga, berpengaruh dalam hal positif pada kemampuan motorik kasar anak serta pembelajaran lebih menyenangkan.


Keywords


Model Pembelajaran, Pendekatan Bermain, Pembelajaran Renang

Full Text:

PDF

References


Andriani, M., Ladjar, B., Lewar, S. W., Jasmani, P., & Rekreasi, K. (2022). UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR Pendidikan merupakan usaha dasar untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat berperang aktif , bersifat positif serta dapat mengembangkan pontensi yang di milikinya . Pendidikan juga sebagai suatu proses pembinaan manusia yang be. 1(1).

Dalam, B., & Akuatik, P. (2017). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 2 Nomor 2. SePTEMBER 2017. 2(SePTEMBER), 43–52.

Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, & Alit Rahmat. (2023). Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 294–306. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433

Erliza, Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Renang Dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas Iv Sdn 125 Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(2), 107–112. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/6521/5879

Harahap, A. R., & Wijayanti, L. (2022). Penerapan Crowdsourcing dalam Interaksi Komunitas Informasi di Indonesia: Systematic Literature Review. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.46649

Hasmarita, S., & Husaeni, A. (2020). Pendekatan Bermain Untuk Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 26–31. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.17

Hidayat, T. A. S. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS (TriAs) UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 56–67. https://doi.org/10.21009/gjik.101.06

Pradana, V. O., Hermawan, I., & Marani, I. N. (2018). Model latihan core stability cabang olahraga renang gaya kupu-kupu untuk usia 9-10 tahun. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 60–68. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.19951

Prasetyo, D., Gani, R. A., & Ismaya, B. (2021). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang: Student Interest in Learning Swimming. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 81–89. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4849

PUTRA, I. M., & ANDALA, S. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Renang Dengan Pendekatan Bermain. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 280–291. https://doi.org/10.52060/jmo.v2i2.313

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis Mesin Pencarian Google Scholar Sebagai Sumber Baru Untuk Kutipan. Journal CERITA, 3(2), 193–205. https://doi.org/10.33050/cerita.v3i2.657

Ridwan, M. (2020). Small sided games meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sepakbola. Journal Of Sport Education (JOPE), 3(1), 35. https://doi.org/10.31258/jope.3.1.35-42

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Safitri, D., Nasution, T. A., & Marini, N. (2021). JOTE Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 14-23 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education. Journal on Teacher Education, 3(2), 14–23.

Sartono, S., & Adityatama, F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 112. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262

Susanto, E. (2016). Model Permainan Air (Water Fun Games) Untuk Meningkatkan Potensi Berenang Dan Perilaku Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 76–84. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/17105

Susanto Heru, B., & Listianingsih, F. (2019). Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berenang Siswa Sekolah Dasar. Elementary School 6 , 6, 96–104.

Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.56066

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.