SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Muhammad Naufal Fadhilah, Toto Subroto, Alit Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran terhadap peningkatan teknik dasar bermain sepak bola dalam pembelajaran penjas di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pencarian literature dilakukan dengan menggunakan database digital (Google Scholar). Dengan pencarian menggunakan kata kunci model pembelajaran, sepak bola, dan Pendidikan Jasmani. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan teknik dasar bermain sepak bola pada pembelajaran penjas. Dapat disimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran sebagai pendekatan yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam malakukan kelas penjas, meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran penjas disekolah dan untuk meningkatkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada anak.


Keywords


Model Pembelajaran, Sepak Bola, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman, Sabhayati Asri, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf

Aprilianto, A., Roesdiyanto, R., & Taufik, T. (2022). Latihan Teknik Dasar Sepak Bola Usia 14-15 Tahun. Sport Science and Health, 4(2), 156–174.

Bangun, S. Y. (2016). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA KAJIAN PUSTAKA & PEMBAHASAN. VI.

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Olahraga, 4(1), 1–20.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23–25.

Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2014). Implementasi model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran penjasorkes. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele, UK, Keele University, 33(2004), 1–26.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12.

Marwantika, A. I. (2015). Pemetaan Aliran Pemikiran Dakwah Ditinjau dari Periodisasi Gerakan Dakwah dan Konsep Keilmuan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 7(01), 17–37.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Nugraha, B. (2015). Pendidikan jasmani olahraga usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2018). jdih.kemdikbud.go.id.

Permendiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 Tahun. Transportation, 1(January), 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111

PUTRA, A. R. Y. S. (2020). Makalah penjas.

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis mesin pencarian Google Scholar sebagai sumber baru untuk kutipan. Journal Cerita, 3(2), 193–205.

SIDIK, M. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Universitas Siliwangi.

Sinabariba, R. B. (2017). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED, 1(1).

Sisdiknas. (2003). Undang Undang no 20 tahun. Zitteliana, 19(8), 159–170.

Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312.

Sudarmono, M. (2018). Sistem pembinaan ekstrakurikuler sepakbola di Kabupaten Banyumas. Jurnal Penjakora, 5(1), 64–75.

Supriawan, D., & Surasega, A. B. (1990). Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Suyatmin, S., Anggorowati, K. D., & Rudiansyah, E. (2023). PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAME TERHADAP KETEPATAN PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI SEPAK BOLA. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(1), 31–37.

Winanto, Y., Ngalim, A., & Hum, M. M. M. (2014). Register sepak bola acara Lensa Olahraga di ANTV. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.56134

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.