EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM.MENINGKATKAN.HASIL.BELAJAR TEKNIK.DASAR.PERMAINAN.BOLA.VOLI DISEKOLAH;SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif nya model pembelajaran cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar permainan bola voli di sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Systematic Literatur Review. Aplikasi harzing publish or perish digunakan dalam penelitian ini, dan database yang digunakan untuk mencari literatur yang tersedia adalah Google Scholar. Peneliti membatasi pencarian jurnal yang akan di review dengan kriteria publikasi maksimal 5 taun terakhir. Dengan mencari kriteria mencari jurnal yang terkait dengan kata kunci Bola Voli, Model Kooperative, dan Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di dalam aktivitas permainan bola voli. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning ke dalam materi pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi teknik dasar permainan bola voli disekolah sangat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik lagi dari segi motivasi semangat belajar siswa maupun dari segi perkembangan motorik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Budiharto. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL RING TARGET UNTUK MENINGKATKAN HASIL PASSING PERMAINAN BOLA VOLI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran., 2(1), 74–83.
Christi, D. (2014). Pengaruh latihan. Jurnal Keperawatan, 2 No 2(02), 1–6.
Despika, P., & Daharis. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe ( TGT ) Team Games Tournament Terhadap Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas Viii Di SMP N 2 Pangean. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan (ORKES), 1(3), 866–875.
Fadhoil, M. H., Hidayat, A. S., & Purbangkara, T. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Teknik Passing Dalam Permainan Futsal Pada Siswa Kelas VIII di SMP IT Bina Insani. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 65–72.
Fazari, B. S., Komariyah, L., Rahmat, A., & Carsiwan. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN OLAHRAGA BOCCE DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA TUNAGRAHITA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 7.
Hamzah, I., Ginanjar, A., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 58–63.
Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414
Hendriadi, H., Triansyah, A., Bafadal, M. F., & ... (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli. Innovative: Journal Of …, 3, 10725–10734.
Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.914
I Nengah Tiangga. (2002). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI SISWA KELAS XI PKM SMKN 1 GERUNG. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak), 1(1), 16–24.
Karim, D. A., Ginanjar, A., & Sugiyanto, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(1), 1. https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.1.1
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.
Ni Luh Putu Indrawathi, I Wayan Citrawan, & I Gusti Putu Ngurah Adi Santika. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.237
Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic reviews: The experiences of a PhD student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35.
Pramantiara, N. Y., & Herdyanto, Y. (2018). ANALISIS GERAK SMASH RIVAN NURMULKI PADA BOLAVOLI DI FINAL PROLIGA 2018 Nurmalida Yosi Pramantiara. Jurnal Prestasi Olahraga, 61–65.
Presiden RI. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16.
Ruman. (2021). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 6.
Suhardianto. (2021). Modelpembelajaran Koperatif Pada Siswa Kelas Viii Smpn 2 Malangke Barat. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 9, 8–14.
Yulianingsih, I. G. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Stad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 204–215. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19189
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.58445
Article Metrics
Abstract view : 61 timesPDF - 36 times
Refbacks
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.