HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT, DAN PERSEPSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v10i2.59498

Keywords:

Motivasi, Minat, Persepsi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi, minat, dan persepsi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Menggunakan metode penelitian regresi berganda. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh siswa SD Negeri 066661 Medan Deli. Teknik sampel menggunakan probabilitas sampling dengan simple random sampling yaitu siswa kelas V SD yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, 35 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa angket. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi, minat, dan persepsi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani yaitu dengan rhitung 2,117 > rtabel 0,038, rhitung 2,547 > rtabel 0,013 dan rhitung 2,378 > rtabel 0,021 dengan taraf signifikan 5%, karena nilai R square sebesar 0,585 atau setara 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar pendidikan, ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar pendidikan, ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap hasil belajar pendidikan dan ada hubungan yang signifikan antara motivasi, minat dan persepsi secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.

References

A Taufiq, Gigih Siantoro, A. K. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran daring PJOK Selama Pandemi Corona virus Disease (Covid-19) Di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9 (1), 225“229.

Agung Hidayatullah. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 1451“1459. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620

Agus Yulianto. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1 (2), 6“11.

Akhmad Sobarna, Sumbara Hambali, L. K. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1 (1), 1“11. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.2

Akis Mayanto, Zulfikar, A. F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2 (1), 69“78. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251

Bintang Kasih Lumban Gaol, Patri Janson Silaban, A. S. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6 (3), 767“782. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538

Elvira Utami, Rahmadhani Fitri, M. F. (2022). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review). Symbiotic: Journal Of Biological Education And Science, 3 (2), 65“70. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.64

Hasmi Syahputra Harahap, Nurlina Ariani Hrp, Intan Bayati Nasution, Amin Harahap, Aziddin Harahap, A. H. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 1133“1143. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463

Jalesatrio Kapti, M. E. W. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science And Health, 4 (3), 258“267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267

Khalidrijal Rijaluddin, A. M. (2022). Dampak Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SD Negeri 24 Perupuk Tabing Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cerdas Proklamator, 10 (1), 62“68. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.116

Mariyatul Qiptiyyah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTS Negeri 5 Demak. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5 (1), 62“68. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187

Mella Santika Saragih, Sotarduga Sihombing, B. A. S. (2023). Pengaruh Minat Belajar Dan Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP 2 Siantar T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3 (1), 34“39. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.384

Mohammad Abdurrofi. (2021). Persepsi Siswa Kelas X SMK Dolopo Kabupaten Madiun Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Di Sekolah. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1 (1), 55“63. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5197

Randika Yogaswara. (2021). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di Kelas XI SMA PGRI 1 Subang Pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (Sendinusa), 3 (1), 37“48.

Sahrul Mami, Suhardianto, Kurnia Rusli, A. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kab. Gowa. Indonesian Journal Of Physical Activity, 2 (1), 41“50. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.34

Siti Nurqaidah, A. H. (2022). Persepsi Siswa Tentang Efikasi Guru Dan Tingkah Laku Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1 (1), 158“166. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.23

Sulnawir, H. Muhammadong, H. A. U. (2020). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 9 Makassar. Journal Of Sport And Physical Education, 1 (1), 78“85.

Tohol Simamora, Edi Harapan, N. K. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5 (2), 191“205. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Windha Wahyu Muhlishottin, M. V. R. (2020). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4 (1), 116“123.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Br Manurung, Ira Kenyosi, Miftahul Irfanda Harahap, Khairul Azan Tanjung, Albadi Sinulingga, and Rahma Dewi. “HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT, DAN PERSEPSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI”. Jurnal Pedagogik Olahraga 10, no. 2 (December 2, 2024): 421–428. Accessed July 6, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/59498.