HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT, DAN PERSEPSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v10i2.59498Keywords:
Motivasi, Minat, Persepsi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi, minat, dan persepsi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Menggunakan metode penelitian regresi berganda. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh siswa SD Negeri 066661 Medan Deli. Teknik sampel menggunakan probabilitas sampling dengan simple random sampling yaitu siswa kelas V SD yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, 35 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa angket. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi, minat, dan persepsi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani yaitu dengan rhitung 2,117 > rtabel 0,038, rhitung 2,547 > rtabel 0,013 dan rhitung 2,378 > rtabel 0,021 dengan taraf signifikan 5%, karena nilai R square sebesar 0,585 atau setara 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar pendidikan, ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar pendidikan, ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap hasil belajar pendidikan dan ada hubungan yang signifikan antara motivasi, minat dan persepsi secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.References
A Taufiq, Gigih Siantoro, A. K. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran daring PJOK Selama Pandemi Corona virus Disease (Covid-19) Di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9 (1), 225“229.
Agung Hidayatullah. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 1451“1459. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620
Agus Yulianto. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1 (2), 6“11.
Akhmad Sobarna, Sumbara Hambali, L. K. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1 (1), 1“11. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.2
Akis Mayanto, Zulfikar, A. F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2 (1), 69“78. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251
Bintang Kasih Lumban Gaol, Patri Janson Silaban, A. S. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6 (3), 767“782. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538
Elvira Utami, Rahmadhani Fitri, M. F. (2022). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review). Symbiotic: Journal Of Biological Education And Science, 3 (2), 65“70. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.64
Hasmi Syahputra Harahap, Nurlina Ariani Hrp, Intan Bayati Nasution, Amin Harahap, Aziddin Harahap, A. H. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 1133“1143. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463
Jalesatrio Kapti, M. E. W. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science And Health, 4 (3), 258“267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
Khalidrijal Rijaluddin, A. M. (2022). Dampak Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SD Negeri 24 Perupuk Tabing Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cerdas Proklamator, 10 (1), 62“68. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.116
Mariyatul Qiptiyyah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTS Negeri 5 Demak. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5 (1), 62“68. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187
Mella Santika Saragih, Sotarduga Sihombing, B. A. S. (2023). Pengaruh Minat Belajar Dan Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP 2 Siantar T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3 (1), 34“39. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.384
Mohammad Abdurrofi. (2021). Persepsi Siswa Kelas X SMK Dolopo Kabupaten Madiun Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Di Sekolah. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1 (1), 55“63. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5197
Randika Yogaswara. (2021). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di Kelas XI SMA PGRI 1 Subang Pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (Sendinusa), 3 (1), 37“48.
Sahrul Mami, Suhardianto, Kurnia Rusli, A. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kab. Gowa. Indonesian Journal Of Physical Activity, 2 (1), 41“50. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.34
Siti Nurqaidah, A. H. (2022). Persepsi Siswa Tentang Efikasi Guru Dan Tingkah Laku Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1 (1), 158“166. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.23
Sulnawir, H. Muhammadong, H. A. U. (2020). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 9 Makassar. Journal Of Sport And Physical Education, 1 (1), 78“85.
Tohol Simamora, Edi Harapan, N. K. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5 (2), 191“205. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Windha Wahyu Muhlishottin, M. V. R. (2020). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4 (1), 116“123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.