PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK TENDANGAN SAMPING(T) PENCAK SILAT DI SMAN 2 KARAWANG

Dian Nurhasanah, Irfan Zinat Achmad, Ardawi Sumaro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan tendangan samping (T) pada materi pembelajaran pencak silat di SMAN 2 Karawang. Dengan populasi seluruh siswa- siswi kelas 10 di SMAN 2 Karawang, dengan sampling yang di gunakan adalah kelas 10.7 dengan teknik pengambilan samplingnya yaitu dengan metode claster sampling dengan jumlah sampling sebanyak 35 siswa/i. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one grup pretest posttets. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini yaitu instrumen keterampilan tendangan samping(T) pencak silat. Analisis dari penelitian ini di bantu dengan menggunakan aplikasi program SPSS versi 26, dengan 4 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif, uji nirmalitas dengan saphiro-wilks, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan metode uji berpasangan sederhana t-test. Dari data yang di ambil mendapatkan hasil adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan tendangan samping(T) pencak silat pada peserta didik kelas 10.7 di SMAN 2 Karawang. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya hasil uji hipoteis dengan sig. sebsar 0,000 yang menujukan bahwa hasil tersebut lebih kecil daro 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat bukti bahwa model pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh terhadap eterampilan tendangan samping(T) pencak silat pada peserta didik kelas 10.7 di SMAN 2 karawang.


Keywords


Pencak silat, tendangan samping(T), model inquiry learning

Full Text:

PDF

References


Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Muhammad Nur Alif.

Ansori, M. (2020). Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Iaifa Press.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.

Fauzan, I., Rihatno, T., & Sari, E. F. N. (2023). KETERAMPILAN TENDANGAN SAMPING PENCAK SILAT MELALUI MEDIA BOTOL. 3(1), 8–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7051

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hidayat, A. A. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Health Books Publishing.

Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Maulana, M. I., & Irawan, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola di SMAN 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang Universitas Singaperbangsa Karawang PENDAHULUAN Pendidikan adalah suatu kebutuhan yang sangat penting karena pendidikan a. 9(2), 369–374.

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Sudiana, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2023). Keterampilan dasar pencak silat. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Sumarno, A., Purbangkara, T., Jasmani, P., Karawang, U. S., Jasmani, P., & Karawang, U. S. (2019). Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(November), 89–96.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Wardoyo, H., & Fitranto, D. N. (2021). Kemampuan Teknik Guntingan Kategori Tanding Atlet Pencak Silat DKI Jakarta Pada Kualifikasi Pra PON 2020 Technical Skills Of Cutting Category Of Athletes Pencak Silat DKI Jakarta In Pra PON 2020 Qualification. Jurnal Ilmiah Sport Coaching And Education, 5, 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JSCE.05107




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.60609

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.