PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PJOK MATERI AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MALANG

Authors

  • Dhoni Arga Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v10i2.65947

Keywords:

Pengembangan, Flipbook, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menilai sejauh mana produk flipbook yang dikembangkan valid untuk mendukung pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani pada siswa kelas IX SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dari Branch, yang memiliki lima fase: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi sebagai kerangka kerja untuk metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Analisis data kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dan kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian adalah 45 siswa di SMP Negeri 3 Malang. Produk ini diuji validasi oleh beberapa validator seperti ahli media, materi, dan pembelajaran, kemudian diuji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar dengan skor persentase masing‑masing 89 % dan 91 %. Dengan demikian produk pengembangan flipbook dapat dikategorikan sangat valid dan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran PJOK di SMPN 3 Malang. Melalui pengembangan flipbook ini, diharapkan peserta didik kelas IX SMPN 3 Malang dapat lebih mudah mengikuti pembelajaran PJOK pada materi aktivitas kebugaran jasmani.

References

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan flipbook berbasis problem based learning (pbl) pada submateri pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 325-339.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Ardiansyah, A. D., & Ridwan, M. (2023). Penerapan e modul berbasis flipbook terhadap hasil belajar passing permainan sepak bola di SMKN 2 Buduran. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 169–174.

Branch, R. M. (2009). Approach Instrucional Design: The ADDIE. In Departement of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Bunari, B., Setiawan, J., Ma'arif, M. A., Purnamasari, R., Hadisaputra, H., & Sudirman, S. (2024). The Influence of Flipbook Learning Media, Learning Interest, and Learning Motivation on Learning Outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 313-321.

Fauzi, M. S., Cahyono, D., Arianto, F. C., & Mangape, G. (2024). Pengembangan dan Evaluasi Flipbook E-Module Interaktif untuk Pengajaran Bola Voli di Sekolah Menengah Pertama. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction In Qualitative Voices in Educational Research (7th ed.).

Hidayat, C., & Juniar, D. T. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Deepublish.

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 20–26.

Junita, S., Kom, M., Pd, M., Ardansyah, M., Adi, P. N., Harahap, I. H., & Dkk, M. P. (2024). Kurikulum Dan Pembelajaran Tantangan Perubahan Proses Pendidikan. umsu press.

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., ... & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.

Madini, D. K., Samsiah, A., & Haryono, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 509-520.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scolaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304.

Mea, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan kelas yang dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252-275.

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Indonesian Journal of Primary Educati

Nurdiansah, Y. (2022). Meningkatkan Minat dan Aktivitas Membaca Siswa dengan Menggunakan Media Flipbook Kelas II SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(5), 1585-1595.

Nurfadhillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1.

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705.

Rahmadani, E. (2024). Innovation of Flipbook Teaching Materials in Supporting Student Learning Independence. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 11, No. 1, pp. 176-189). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Thelma, C. C., Sain, Z. H., Mpolomoka, D. L., Akpan, W. M., & Davy, M. (2024). Curriculum design for the digital age: Strategies for effective technology integration in higher education. International Journal of Research, 11(07), 185-201.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Dhoni Arga. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PJOK MATERI AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MALANG”. Jurnal Pedagogik Olahraga 10, no. 2 (December 30, 2024): 445–455. Accessed July 19, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/65947.