MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI : KAJIAN DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66146Keywords:
Peer teaching; Kepemimpinan;Pembelajaran Pendiddikan jasmaniAbstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah. Dengan Menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group, penelitian melibatkan 68 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (menerapkan pembelajaran peer teaching) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan kepemimpinan dengan rata-rata posttest 71,91 yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (68,88), didukung oleh nilai t-hitung -19,278 (p < 0,001) pada uji paired t-test. Analisis independent t-test mengungkap perbedaan signifikan antara kedua kelompok (t(66)=-2,323, p=0,023), dengan keunggulan sebesar 3,029 poin pada kelompok eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa peer teaching efektif dalam melatih kepemimpinan melalui aktivitas seperti memimpin pembelajaran dan mengorganisir tiDownloads
Published
2025-07-01
How to Cite
nurcholis majid, andrian_nurmajid72, Tite Juliantine, and Mudjihartono. “MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI : KAJIAN DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (July 1, 2025): 106–114. Accessed July 1, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/66146.
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.