MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA GERAK DASAR BERGULING

Authors

  • Sri Puji Lestari Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Universitas Laubung Mangkurat
  • Recky Ahmad Haffyandi Universitas Laubung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66469

Keywords:

Berguling Depan, Teaching Games for Understanding, Pendidikan Jasmani, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian  ialah guna mengetahui bagaimana gaya pengajaran TGfU mempengaruhi kemampuan siswa kelas IV saat melakukan gerakan berguling tubuh ke depan di Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2. Kurangnya antusiasme serta kecemasan siswa dalam belajar gerakan menggulingkan tubuh ke depan menyebabkan kinerja yang buruk di kelas. Studi memanfaatkan desain pretest-posttest beserta satu kelompok , serta model pra-eksperimental. Jumlah peserta studi 48 siswa, beserta 23 siswa dipilih secara tidak acak melalui purposive sampling. instrument digunakan adalah tes keterampilan berguling ke depan, sedangkan kajian data dilakukan memanfaatkan SPSS 25. Skor rata-rata meningkat dari 2,078 pada pretest jadi 3,291 pada posttest, menggambarkan peningkatan yang signifikan. Perbedaan yang signifikan antara data pra-tes serta pasca-tes digambarkan t-tes sampel berpasangan, menghasilkan skor signifikansi 0,000 (p < 0,05). Paradigma pembelajaran TGfU terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar berguling ke depan siswa dengan menawarkan pembelajaran kontekstual, pendekatan holistik, serta meningkatkan motivasi siswa melalui aktivitas yang menarik. Hal ini digambarkan peningkatan senilai 58,4%.

References

Amiruddin, A., A. Nurdin, and A. M. Sabilla. 2024. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Dalam Meningkatkan Motorik Dasar Peserta Didik Kelas Rendah ….” Jurnal Penjaskesrek 11(1):44–54.

Andra Ningsih, Diarti, Nurhasanah, and Lusiana Fadillah. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Di Luar Kelas Dalam Pembentukan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 190 Cenning.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 4(2):1–12. doi: 10.47435/jpdk.v4i2.314.

Arisqa, Windi Putri, Fitri Syakira Ridwan, Reyhan Prayudha, and Suyono. 2024. “Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Perkembangan Anak Di SD Swasta Al-Washliyah Kabupaten Deli Serdang.” Journal on Education 7(1):921–29.

Decheline, Grafitte, Fitri Diana, Sugih Suhartini, and Ade Setiowati. 2021. “Pelatihan Model Pendekatan Pembelajaran Teaching Games for Understanding (Tgfu) Untuk Atlet Anggar Jambi.” Cerdas Sifa Pendidikan 10(2):103–8. doi: 10.22437/csp.v10i2.15879.

Etikan, Ilker. 2016. “Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling.” American Journal of Theoretical and Applied Statistics 5(1):1. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11.

Fobia, Leonardo, Eka Supriatna, and Edi Purnomo. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar Roll Belakang Senam Lantai Menggunakan Metode Bermain Di Sdn 30 Ladak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 5(5).

Hasmarita, Sony. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Minat Belajar Penjas.” Jurnal Olahraga 4(1):1–10. doi: 10.37742/jo.v4i1.77.

Hidayat, Noor Akhmad, and Kurikulum Merdeka. 2024. “Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dengan Model SAVI Pada Materi Senam Lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka.” 9(November):221–28.

Hismullutfi, M., Muhammad Salabi, Program Studi, Pendidikan Jasmani, Universitas Pendidikan Mandalika, Motivasi Belajar, and Lari Jarak Pendek. 2025. “Efektivitas Model Teaching Games for Understanding Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Lari Jarak Pendek Siswa Sekolah Dasar.” 12(1):50–58.

Ilmiyah, Nurul, Fajar Teguh Budiarto, Muhammad Muhammad, and Nursiyati Nursiyati. 2024. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI ROL DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS IX SMPN 1 SUKODONO.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(3):24–41.

Imam Syafi’i, S. O. 2020. “Modul Senam Lantai Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” 1–16.

Iyakrus, Iyakrus, Susi Indriani, Hengky Kumbara, and Wahyu Indra Bayu. 2022. “Peningkatan Gerak Dasar Meroda Dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Metode Bagian.” Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia 6(1):87. doi: 10.17977/um040v6i1p87-92.

Mabrur, Mabrur, Anang Setiawan, and Mochamad Zakky Mubarok. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai.” Physical Activity Journal 2(2):193. doi: 10.20884/1.paju.2021.2.2.4014.

Murdani. 2019. “Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 5(1):12–13.

Nkala, Bruce, and Jimoh Shehu. 2016. “Effect of Teaching-Games-for-Understanding (TGfU) Approach on High School Students’ Basketball Performance.” Journal of Applied Sports Science 6(3):86–96. doi: 10.21608/jass.2016.84580.

Qohhar, Wildan, and Deni Pazriansyah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola.” Physical Activity Journal 1(1):27. doi: 10.20884/1.paju.2019.1.1.1998.

Rachman, Tahar. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Roll Depan Melalui Model Pembelajaran.Tgfu (Teaching.Games.for.Understanding).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 10–27.

Safandi, Ari, and Sri Gusti Handayani. 2024. “Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Kemampuan Berguling Ke Depan Siswa SMP Negeri 26 Padang.” Jurnal JPDO 7(4):87–93. doi: 10.24036/jpdo.7.4.2024.89.

Salasiah, Rahmadi, and Trio Irianto. 2020. “Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 1(1):25–31.

Sebila, Fahmi Hadi, Nurlan Kusmaedi, and Tite Juliantine. 2020. “PENERAPAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI.” 4(1):1–23. doi: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1308.

Soegiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sofa, N. Siti Nur’aeni. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas Ix Smp Negeri 1 Cimalaka Tahun Pelajaran 2019/2020.” SpoRTIVE 4(1):451–60.

sudarsinah. 2021. “Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Kesekolah Dasar.” Pgsd Stkip Pgr 3(3):1–10. doi: 10.33654/pgsd.

Supriadi, Dedi. 2019. “Implementasi Model Teaching Game for Understanding Terhadap Keterampilan Bermain Dalam Strike and Fielding Games.” Jurnal Penelitian Pendidikan 18(3):270–75. doi: 10.17509/jpp.v18i3.14998.

Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji HomogenitasDan Uji Hipotesis).” Inovasi Pendidikan 7(1):50–62.

WISMARNI, ELIS. 2021. “Peningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Teaching Games for Understanding (Tgfu) Pada Kelas Xii Mipa5 Sma Negeri 1 Pontianak.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah 1(1):1–8. doi: 10.51878/action.v1i1.282.

Zultaniah, Anna. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (Tgfu) Terhadap Hasil Belajar Servis Bulutangkis Siswa Sma Negeri 3 Takalar.”

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sri Puji Lestari, Rahmadi, and Recky Ahmad Haffyandi. “MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA GERAK DASAR BERGULING”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (June 30, 2025): 168–175. Accessed July 9, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/66469.