MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN ATLETIK DI SMP NEGERI 1 LOKSADO
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66946Kata Kunci:
Minat belajar, atletik, pendidikan jasmani, siswa SMP, indikator minatAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam olahraga di SMP Negeri 1 Loksado. Latar belakang penelitian ini terletak pada fakta bahwa antusiasme peserta didik terhadap kegiatan atletik yang merupakan bagian dari pelajaran pendidikan jasmani sangat rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan sampel 29 siswa dari kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan 44 pernyataan yang mencakup lima indikator ketertarikan: perhatian, ketertarikan, aktivitas, peran guru, dan alat dan fasilitas. Uji validitas menunjukkan seluruh item angket memenuhi syarat validitas, dan reliabilitasnya sangat tinggi dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,92. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum minat siswa tergolong tinggi, dengan skor tertinggi terdapat pada indikator perhatian (81%), diikuti oleh fasilitas (79%), ketertarikan (78%), peran guru (78%), dan aktivitas (72%). Meskipun demikian, aspek aktivitas perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif dan peningkatan sarana pendukung untuk mendorong keterlibatan aktif peserta didik.Referensi
Abd, S., & Rahman, J. (2018). SURVEI MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN ATLETIK SISWA SMA NEGERI 3 JENEPONTO.
Amirudin, A., Studi, P., & Jasmani, P. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Amirudin, 17(2).
Hasanah, S., Muzaffar, A., & Artikel, I. (2022). Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi Interest of Class IX Students in Participating in Sports and Health Physical Education Learning at SMPN 11 Muaro Jambi. In Ahmad Muzaffar Indonesian Journal of Sport Science and Coaching (Vol. 04, Issue 01). https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/index
Iskandar, A., & Suryadi, R. (2023). Pengaruh Ketertarikan Terhadap Minat Belajar PJOK. Jurnal Olahraga Dan Prestasi, 9 (2), 45–52.
Maulana, D., & Raharjo, T. (2022). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani sebagai Penunjang Minat Belajar Siswa. Jurnal Sarana Olahraga, 5 (1), 14–20.
Nazirun, N., Gazali, N., Fikri, M., & Penjaskesrek, J. (2019). MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP YLPI PEKANBARU (Vol. 6, Issue 2).
Prakoso, R. A., Kuntjoro, B. F. T., & Prakoso, B. B. (2022). Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran lompat jauh. Sriwijaya Journal of Sport, 1(3), 157–169. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i3.466
Prasetyo, B., & Wibowo, R. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(4), 21–27.
Rahman, R., Erliana, M., & Amirudin, A. (2023). Stabilitas : Jurnal Pendidikam Jasmani dan Olahraga MANAJEMEN PENDAYAGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 2 AMUNTAI (Vol. 4, Issue 1).
Ramdani, Y., & Lestari, H. (2022). Aktivitas Fisik dan Kaitannya dengan Minat Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Aktivitas, 6(3), 33–40.
Sifa, H., Amirudin, A., & Perdinanto. (2025). Tingkat Daya Tahan VO2MAX Atlet Lari PASI Kota Banjarbaru. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 10 (1), 58–63. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5160
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (18th ed.). Alfabeta.
Syahputra, D. (2022). Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani, 7 (1), 12–18.
Utami, M. S. (2018). MINAT SISWA SMP NEGERI 2 JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN ATLETIK.
Yuliawan, E., Habibi Dalimunthe, A., & Olahraga dan Kesehatan, P. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Atletik Pasca Covid 19 SMA Negeri 2 Siabu. In Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan (Vol. 11). https://online-journal.unja.ac.id/csp
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.