PENGARUH GAYA MENGAJAR INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BACKHAND BULUTANGKIS PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 9 BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.67107Keywords:
Gaya Mengajar Inklusi, Hasil Belajar, Servis BackhandAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar inklusi terhadap hasil belajar teknik dasar servis backhand bulutangkis pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel berjumlah 28 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan servis backhand bulu tangkis pada pretest dan posttest. Siswa menerima instruksi melalui gaya mengajar inklusi selama empat pertemuan, yang memungkinkan mereka memilih tingkat kesulitan latihan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor pretest rata-rata 6,29 dengan persentase 52,42% meningkat menjadi 9,39 dengan persentase 78,25% . Dengan persentase peningkatan sebesar 49,29% dari kondisi awal. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar inklusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan motorik dasar, khususnya dalam konteks pendidikan jasmani. Pendekatan ini direkomendasikan untuk diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran olahraga di sekolah karena memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendorong partisipasi aktif semua siswa tanpa memandang tingkat kemampuannya.References
Abdilah, J., Rakhman, A., & Mulhim, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Nilai Pengetahuan Pjok Kompetensi Dasar (3.3 Dan 4.3) Peserta Didik Kelas Xi Sman 2 Barabai Dengan Menggunakan Model Inquiry Learning. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.20527/mpj.v4i1.1798
Arikunto, & Suharmi. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9).
Chan, A. A. S., Putra, D. D., & Okilanda, A. (2021). Gaya Mengajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola Style of Teaching and Confidence. Jurnal HalamanOlahraga Nusantara, 4(1), 100–113.
Gea, K. N., Piri, N., & Pandaleke, T. (2025). Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Terhadap Penguasaan Gerak Dasar Pada Spike Dalam Permainan Bola Voli Pada Peserta Didik SMK Negeri 1 Tomohon 1 . PENDAHULUAN Pendidikan adalah daya-upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti ( kekuatan batin ,. Jurnal Rumpun Kesehatan Umum, 3(1), 12–20.
Keliat, P., & Helmi, B. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Pada Permainan Sepak Bola Melalui Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 6(2), 45–54. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JSBG/article/view/472%0Ahttps://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JSBG/article/download/472/298
Lusiantri, L., Mashud, M., & Warni, H. (2023). Integrasi Model Pembelajaran PjBL Dengan Inklusi Untuk Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas X. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 373–394. https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7705
Malino, G. R., Kumenap, E. E., & Sattu, Y. (2025). Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Pada Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tondano. 3.
Ponidin, Haqiyah, A., & Riyadi, D. N. (2017). PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR Ponidin , 2 Aridhotul Haqiyah & 3 Dani Nur Riyadi Guru SMP Negeri 277 Jakarta Universitas Islam 45 Bekasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(1), 13–20.
Rizky, V., Damanik, S., & Siregar, S. (2021). Gaya Mengajar Inklusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Drive Tenis Meja pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. INSPIREE: Indonesian Sport Innovation Review, 2(1), 52–71. https://doi.org/10.53905/inspiree.v2i1.33
Rohman, A. F., Muharram, N. A., & Junaidi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli dengan Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi pada Siswa Kelas V Mi Darul Huda Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 4(02), 287–295. https://doi.org/10.53863/kst.v4i02.613
Sadzali, M., Akkase, A., & Alamsyah, N. F. (2022). Survei Tingkat Kemampuan Dasar Servis Panjang Pada Permainan Bulutangkis Siswa Kelas Viii Smp 27 Makassar. Jurnal Marathon, 1(1), 29. https://doi.org/10.26418/jmrthn.v1i1.59422
Sains, S. N., Darmawan, Y. A., Muharram, N. A., & Olahraga, M. K. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Smash Permainan Bola Voli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi dan Modifikasi Media Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk Tahun Ajaran 2023 / 2024. 1161–1172.
Sobarna, A. (2017). Gaya Mengajar, Keterampilan Motorik dan Hasil Belajar Lari Cepat. Jurnal Sains Keolahragaan & Kesehatan, 2(2), 46–49.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D.
Suwanto, W. (2024). Media Audiovisual dalam Pembelajaran Teknik Dasar Bulutangkis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3309–3317.
Wina, p., Riswandi, n., J. (2023). JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) Vol. 1, No.1, Juni 2023. 5(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.