HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI PONDOK SCHOOLING DAARUL ILMI

Indonesia

Authors

  • Muhammad Luthfi salim Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.67823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa dan hubungannya dengan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan 30 siswa kelas XII Pondok Schooling Daarul Ilmi sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket skala Likert berjumlah 43 butir, telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan 33 butir valid dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,739. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor komunikasi interpersonal sebesar 109,13 dan nilai hasil belajar sebesar 86,70. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan prestasi belajar yang memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan alat ukur sosial dalam pendidikan dan dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan variabel serupa

References

AL Fazri, M., Putri, I. A., & Suhairi, S. (2021). Keterampilan Interpersonal Dalam Berkomunikasi Tatap Muka. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 46–58. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i1.510

Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398

Astuti, F. N., Riyanto, B., & Sihabuddi. (2023). Komunikasi Interpersonal Pelatih Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Di PB Purnama Solo. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu …. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/download/9393/5399

Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October, 1. https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas

Faridah, E., Saparia, A., Juditya, S., Sari, E. F. N., Fepriyanto, A., Wibowo, Nababan, M. B., Cahyo, Zainuddin, M. S., Nurkadri, Rohi, I. R., Febrianto, M. L., Nurjanah, A. R., Wibowo, S., Sugiarto, B. G., Miskalena, Sinulingga, A., Juhanis, Halim, A., … Febi, A. (2024). Olahraga dan Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Jasmani (Issue September). https://doi.org/10.5281/zenodo.13853498

Febriyani, R., Darsono, & Sudarmanto, R. G. (2014). MODEL INTERAKSI SOSIAL PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN NILAI KEPRIBADIAN SISWA 1) Oleh Roseanna Febriyani 2) , Darsono 3) , R. Gunawan Sudarmanto 4). 1.

Forester, B. J., Khater, A. I. A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian Kuantitatif: Uji Reliabilitas. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1812–1820.

Hamdi, M. M., Yusuf, M., & Jawhari, A. J. (2023). Jurnal pikir, manajemen pendidikan karakter. Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 9(1), 3–8.

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Kamaruddin, I., Abidin, D., Setiawan, A., Baruno, Y. H. E., Syafruddin, S., & Rifai, M. (2024). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi mata pelajaran PJOK di SMA. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1549–1558. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1113

Kemit, S., & Supriadi, A. (2025). PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP DAN DEPTH JUMP TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI DAN HASIL SMASH BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA CLUB BANK SUMUT. Jurnal Pedagogik Olahraga, 11, 1–10.

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.

Marani, I. N., Muhyi, M., & Ginanjar, S. (2024). Aspek Pembelajaran Dan Metode Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. In Akademia … (Vol. 2, Issue January). https://www.researchgate.net/profile/Eka-Novita-Sari/publication/378151948_eBook_J_-_Aspek_Pembelajaran_dan_Metode_Belajar_Pendidikan_Jasmani_Olahraga_dan_Kesehatan/links/65ca97661e1ec12eff8a699d/eBook-J-Aspek-Pembelajaran-dan-Metode-Belajar-Pendidikan-Ja

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Setiyawan, A. (2014). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. Jurnal An Nûr, VI(2), 341–354.

Sudirman, Sriwahyuningrum, M. L. K., Cahaya, M. E., & Astuti, N. L. S. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. In ResearchGate (Issue July).

Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A. A., & Ummah, S. A. (2022). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TERPADU PADA KURIKULUM 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 135–146.

Suryanto, D. (2005). Etika Penelitian. Berkala Arkeologi, 25(1), 17–22. https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.906

Syamsuri, M. A. (2016). Strategi Komunikasi Interpersonal Pelatih Terhadap Prestasi Atlit Futsal Ukm Muhibbul Riyadhah Uin Datokarama Palu. JURNAL ALMISHBAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 19(2), 1–23. http://www.almishbahjurnal.com/index.php/al-mishbah/article/view/392

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

salim, Muhammad Luthfi. “HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI PONDOK SCHOOLING DAARUL ILMI: Indonesia”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (June 30, 2025): 255–261. Accessed July 30, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/67823.