TINGKAT MOTIVASI PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL AKADEMIK DI SMPN 4 AMUNTAI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.68150Abstract
Tujuan penelitian yaitu agar mengetahui tingkat motivasi dalam mengikuti ekstrakurikuler dan hasil akademik peserta didik. Peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif yang mana bertujuan untuk menggambarkan hasil perhitungan variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan nilai rata-rata raport guna memperoleh hasil yang lebih objektif. Sampel pada penelitian ini merupakan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMPN 4 Amuntai, yang terdiri 16 orang responded yang dimana peneliti menggunakan angket skala likert untuk mengetahui tingkat motivasi dan meninjau nilai rata-rata raport dari tiap peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian mengenai tingkat motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal dan implikasinya terhadap hasil akademik di SMPN 4 Amuntai, tingkat motivasi di teliti menggunakan angket skala likert, dengan kategori baik sebesar 50%, Termuat pada kategori cukup sebesar 25%, dengan kategori kurang sebesar 19%, pada kategori sangat kurang sebesar 6%, dan tidak ada pada kategori sangat baik sebesar 0%. Dan pada Rata-rata nilai raport dengan kategori baik sebesar 81%, dikategorikan cukup sebesar 19%, dan tidak ada pada kategori sangat baik, kurang, sangat kurang sebesar 0%. Dan pada hasil ini menjelaskan bahwa antara tingkat motivasi peserta didik dan implikasinya terhadap hasil akademik adalah baik. Bahwasanya peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil akademik mereka, karena orang yang rajin berolahraga akan memiliki jasmani yang sehat dan juga sangat berpengaruh terhadap prestadi akademik nya terutama di kalangan anak sekolahReferences
Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Effect of Interpersonal Communication Between Lecturer and Students of Learning and Achievement Motivation for Students. In Jurnal Pekommas (Vol. 18, Issue 1).
Ardiansyah, O. G. (2016). MOTIVASI SISWA KELAS X DAN KELAS XI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMAN 1 SEDAYU KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY).
Asikin, N., Arifin, R., & Amirudin, A. (2024). Analisis Kondisi Fisik Dominan Futsal Pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 1 Danau Panggang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(2), 67–75. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1635
Aswanto, R. D. (2020). 11823-56493-1-pb (1).
Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2019). SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 125–131. http://umbidharma.org/jipp
Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Endang Multyaningsih. (2012) Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung: Alfabeta 2012), 10
Hamnur, M., Basuki, S., & Rachman, A. (2023). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Kelas Viii Smpn 1 Angsana. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(3), 194–198. https://doi.org/10.20527/mpj.v4i3.2303
HASTONO, S. P. (2006). Anallisis Data. 1–212.
Heri, S., Aminudin, R., & Purbangkara, T. (2022). Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Jatisari. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(1), 8–13.
Hariri, M., Eli Masnawati, and Didit Darmawan. "Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 22.02 (2024): 24-33.
Ikhsan Ashari, M., Arifin, R., Amirudin, A., & Jasmani, P. (2024). ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMPN 13 BANJARBARU I N F O A R T I K E L ABSTRAK. In Jurnal Ilmiah Penjas (Vol. 10, Issue 2).
Jaa Ngaga, E., Sulastri, E., Bukangdonu, F., Alip, I., Wiran Wae, K., & Hikmatiar, H. (2023). Efektivitas Ekstrakurikuler dan Dampak pada Prestasi. Buletin Edukasi Indonesia, 2(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/bei.v2i01.254
Januari Alfredo et all. (2020). Motivasi_Berprestasi_Peserta_Ekstrakulik.
Jeki, Arifin, R., & Fauzan, L. A. (2025). Tingkat Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra Di SMP Negeri 2 Banjarbaru. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5158
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Nafi’ah, Z. (2014). Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Akademik dan Non Akademik HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER AKADEMIK DAN NON AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOKERTO.
Nurramadhan, R., Arifin, R., & Mulhim, M. (2024). TINGKAT KETERAMPILAN SHOOTING FUTSAL PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 MARTAPURA. 10(2), 224–231.
Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(Tersedia Di Http://Komunikasi. Uinsgd. Ac. Id), 1–29.
Rais, M. F., & Syafruddin. (2020). Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 3(6), 7–14.
Rusmiaty. (2010). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN PINRANG.
Sugiono, A. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Wulandari, D. (2018). Hubungan Motivasi Mengikuti Ekstrakurikuler dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(1), 45-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.