ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SMAN 1 CILEUNGSI DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN

Aisya Nanda Pramukti, Toto Subroto, Alit Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMA ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggali pengalaman mereka lebih mendalam. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Cileungsi, subjek penelitian terdiri dari 21 partisipan, yaitu 10 siswa laki-laki, 10 siswa perempuan dari kelas X, dan 1 guru PJOK yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif induktif, dengan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk mengidentifikasi pola dan hubungan yang relevan dalam data. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. Faktor internal, seperti minat dan persepsi, serta faktor eksternal, seperti dukungan lingkungan, memengaruhi tingkat motivasi siswa. Selain itu, siswa laki-laki lebih terlibat dalam aktivitas kompetitif, sedangkan siswa perempuan cenderung menyukai kegiatan rekreatif. Guru memiliki peran strategis dalam menciptakan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan menarik. Temuan ini diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani.


Keywords


Motivasi Belajar, Pendidikan Jasmani, Jenis Kelamin, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Abdillah, I. Y., Ningrum, D., Rosyda, R., & Dolifah, D. (2023). GAMBARAN TINGKAT CITRA TUBUH REMAJA PERTENGAHAN (MIDDLE ADOLESCENT) PADA USIA 16-18 TAHUN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Ners, 7, 2023–1693. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners

Al, J., Tadris Matematika, J., Sa, M., Tri Rahmayati, G., & Catur Prasetiyo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Y. (2022). STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF.

Aniqurrohmah, S. F. L. (2023). Kesetaraan Gender Dan Nilai Nilai Yang Terkandung Di Dalamnya Menurut Hak Asasi Manusia. Jurnal Dunia Ilmu Hukum (JURDIKUM), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.59435/jurdikum.v1i2.170

Artayasa, I. P., Noviani, E., & Widaswara, K. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran E-Learning Berdasarkan Gender. Journal of Classroom Action Research, 5(3).

Audina, D. J. (2022). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4), 148–154. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602

Bangun, S. Y. (2016). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA PADA LEMBAGA PENDIDIKANDI INDONESIA. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Budiyani, A., Marlina, R., Eka Lestari Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, K., Hs Ronggo Waluyo, J., Telukjambe Timur, K., & Karawang, K. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Vol. 8, Issue 2).

Bull, F. C., Al-Ansari, S. S., Biddle, S., Borodulin, K., Buman, M. P., Cardon, G., Carty, C., Chaput, J. P., Chastin, S., Chou, R., Dempsey, P. C., Dipietro, L., Ekelund, U., Firth, J., Friedenreich, C. M., Garcia, L., Gichu, M., Jago, R., Katzmarzyk, P. T., … Willumsen, J. F. (2020). World Health Organization 2020 guidelines on physical activity and sedentary behaviour. In British Journal of Sports Medicine (Vol. 54, Issue 24, pp. 1451–1462). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/bjsports-2020-102955

Douglas, H. (2022). Sampling Techniques for Qualitative Research. Principles of Social Research Methodology, 415–426. https://doi.org/10.1007/978-981-19-5441-2_29

Dwihandaka, R., Ginanjar, A., & Utami, N. S. (2020). Fenomena siswa pasif kelas X dalam pembelajaran renang di SMA Negeri 1 Majenang Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 191–203.

Ferdian, R., & Syafruddin. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar di SMP Negeri 6 Pariaman. JP&O: Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(6).

Fraenkel, J. R. ., Wallen, N. E. ., & Hyun, H. H. . (2023). How to design and evaluate research in education. McGraw Hill.

Harahap N. (2020). BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DR. NURSAPIA HARAHAP, M.HUM.

Heredia-León, D. A., Valero-Valenzuela, A., Gómez-Mármol, A., & Manzano-Sánchez, D. (2023). Motivational Profiles in Physical Education: Differences at the Psychosocial, Gender, Age and Extracurricular Sports Practice Levels. Children, 10(1). https://doi.org/10.3390/children10010112

Hernawan, H., Wasan, A., & Widyaningsih, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Program Outdoor Education untuk Guru-Guru Pendidikan Jasmani. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(1). https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.27017

Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(2).

Malini, G. A. N. D., & Fridari, I. G. A. D. (2019). Perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin dan urutan kelahiran di SMAN 1 Tabanan dengan sistem full day school. Jurnal Psikologi Udayana, 032.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2). https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Munawarah. (2021). Meta Analysis: Pengaruh Gender Terhadap Faktor Psikologis Belajar Siswa. An Nisa’, 14.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nanda, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contoh. In Academy Brain.

Nasihah, Z. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL PJOK. Joyful Learning Journal, 9(1). https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39680

Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019). Physical Education Learning Motivation: A Gender Analysis. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.13790

Paradita, C. T., & Sawitri, D. R. (2023). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN ADAPTABILITAS KARIER PADA SISWA KELAS XII SMA SANTA URSULA JAKARTA. In Jurnal Empati (Vol. 12).

Pelawi, G. Y. (2020). Makalah Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kesehatan Olahraga. Makalah.

Pendidikan Jasmani, P., KESEHATAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PERKEMBANGAN GERAK ANAK SEKOLAH DASAR Kesya Aprilia Rahmawati, D., Nurlia, R., Oktavia, R., Noor Adlida Ihsani, V., & Dinda Hafiza, N. (2024). Peran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Pembentukan Karakter dan Perkembangan Gerak Anak Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2741–2749. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V5I3.1143

Putra, I. M. W., Panca Adi, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2). https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859

Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Ramdhani, B. (2022). Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Edukasimu, 2(2).

Rianto, P. (2020). MODUL METODE PENELITIAN KUALITATIF. https://www.researchgate.net/publication/343064279

Rozi, M. F., Putra, J., Suwirman, S., & Arsil, A. (2023). Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1).

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2019). Research on intrinsic and extrinsic motivation is alive, well, and reshaping 21st-century management approaches: Brief reply to Locke and Schattke (2019). Motivation Science, 5(4), 291–294. https://doi.org/10.1037/mot0000128

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Sa’adah, F., Sumaryanto, S., Subagyo, S., & Komarudin, K. (2021). PEDAGOGI PENDIDIKAN JASMANI. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(2). https://doi.org/10.21831/majora.v27i2.47125

Santoso, R. B., Sunanto, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2022). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK KELAS IV SD AL-FURQON. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(4). https://doi.org/10.24114/js.v6i4.38275

Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1). https://doi.org/10.23916/08588011

Solihin, A. O., Sriningsih, & Rachmawati, A. (2019). Hubungan antara Jenis Kelamin dan Usia dengan Motivasi Belajar Renang. JPOE, 1(2). https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i2.65

Sugiono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Suharni, S. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Tarmizi, Y. (2023). Membuat Panduan Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31271.73129

Wardhana, D. P., Hidayat, R. R., & Purwaningrum, R. (2023). Motivasi Belajar dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Siswa Kelas X SMA. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(1), 27. https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.72116

World Health Organization. (2022). Global status report on physical activity 2022. In WHO Press, World Health Organization.

Zuchri Abdussamad. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (1).




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i2.68206

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

slot gacor slot