IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Dewi Endriani, Indah Verawati, Andarias Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter melalui pengembangan model pendidikan jasmani pada siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas III dan guru bidang studi penjas SD Negeri di Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian menggunakan metode pengembangan (research and development) R&D yang merujuk pada pendapat Borg & Gall (1983). Berdasarkan pendekatan metode research and development maka langkah-langkah yang dilakukan meliputi : penelitian pengumpulan informasi, membuat perencanaan model, uji coba model, revisi model serta validasi dan diseminasi model. Hasil ujicoba instrumen menunjukan validitas bergerak dari angka 0,3-0,8 dan reliabilitas 0,8. Hal ini berarti instrumen tersebut dapat dijadikan sebagai alat ukur penelitian dalam mengobservasi guru dan siswa dalam pembelajaran Penjaskes. Berdasarkan hal tersebut maka disusunlah suatu model dan modul pembelajaran penjas yang dapat membentuk karakter siswa. 


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6490

Article Metrics

Abstract view : 975 times
HTML - 597 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PRESTASI