PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pemodelan lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran komunikatif, (2) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada siswa yang komunikasi interpersonal rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Temuaan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran pemodelan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran komunikatif, dengan Fhitung = 3,38 > Ftabel = 2,6 , (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa komunikasi interpersonal rendah, dengan Fhitung = 29,62 > Ftabel = 2,67, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, dengan Fhitung = 29,62 > Ftabel = 2,67.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Komunikasi Interpersonal, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Abstract: This study aims (1) to find out the learning outcomes of Indonesian students who are taught using higher learning learning strategies than students who are taught using communicative learning strategies, (2) to find out the learning outcomes of Indonesian students who have higher interpersonal communication than students with low interpersonal communication, (3) to find out the interaction between learning strategies and interpersonal communication on the learning outcomes of Indonesian. Temuaan showed that (1) the results of Indonesian language learning students who are taught by modeling of higher learning strategy of learning outcomes of students taught by communicative learning strategy, with Fcount = 3.38> Ftable = 2.6, (2) the results of learning Indonesia high interpersonal communication students is higher than the results of students' interpersonal communication is low, with Fcount = 29.62> F table = 2.67, (3) there is no interaction between learning and interpersonal communication strategies towards learning outcomes Indonesian, with F count = 29, 62> Ftable = 2.67.
Keywords: Learning Strategy, Interpersonal Communication, Indonesian Language Learning Results
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11194
Article Metrics
Abstract view : 293 timesPDF - 294 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.