PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Maulina Siregar, Abdul Hasan Saragih, Julaga Situmorang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD; (2) kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal memperoleh hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan ganda (kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal) terhadap hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT (rata-rata 81,95) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran STAD (rata-rata 79,10); (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal (rata-rata 84,06) lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal (rata-rata 77,64); dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda tehadap hasil belajar IPS siswa.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran NHT, STAD, kecerdasan ganda, IPS

 

Abstract: This study aims to determine: (1) the learning outcomes of groups of students taught using NHT learning strategies are higher than students taught by using STAD learning strategies; (2) groups of students who have interpersonal intelligence get higher social studies learning outcomes compared to groups of students who have intrapersonal intelligence; and (3) the interaction between NHT learning strategies and STAD learning strategies and multiple intelligences (intrapersonal intelligence and interpersonal intelligence) on social studies learning outcomes. The method used in this research is quasi-experimental research method. The results showed: (1) Social studies learning outcomes of students who were taught using the NHT learning strategy (an average of 81.95) were higher than the learning outcomes of students taught with the STAD learning strategy (an average of 79.10); (2) social studies learning outcomes of students who have interpersonal intelligence (on average 84.06) higher than groups of students who have intrapersonal intelligence (on average 77.64); and (3) there is an interaction between learning strategies and multiple intelligences towards students' social studies learning outcomes.

 

Keywords: NHT learning strategies, STAD, multiple intelligence, social studies


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i1.14504

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.