UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk; meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan strategi DRTA, meningkatkan keaktifan siswa setelah mengikuti pembelajaran pemahaman bacaan yang menggunakan strategi DRTA. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 36 orang; terdiri dari 19 putra dan 17 putri. Sementara teknik analisis data digunakan data deskriptif dan mastery level. Instrument yang digunakan dalam analisis data adalah; Instrument test, dan Catatan lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman bacaan siswa. Ini dapat dilihat dari rata-rata hasil test siswa; Nilai rata-rata kelas pada Pre-test adalah 65,92, nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 72,19 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 78,33. Faktor utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah ketertarikan siswa dalam pembelajaran pemahaman membaca dengan penerapan strategi DRTA.
Kata Kunci: hasil belajar bahasa inggris, strategi pemahaman bacaan directed reading thinking activity
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1852
Article Metrics
Abstract view : 480 timesPDF - 291 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.