UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)

Jeniwati ., Harun Sitompul

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk; meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan strategi DRTA, meningkatkan keaktifan siswa setelah mengikuti pembelajaran pemahaman bacaan yang menggunakan strategi DRTA. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 36 orang; terdiri dari 19 putra dan 17 putri. Sementara teknik analisis data digunakan data deskriptif dan mastery level. Instrument yang digunakan dalam analisis data adalah; Instrument test, dan Catatan lapangan. Hasil analisis  data menunjukkan  bahwa  terdapat  peningkatan  yang signifikan dalam pemahaman bacaan siswa. Ini dapat dilihat dari rata-rata hasil test siswa; Nilai rata-rata kelas pada Pre-test adalah 65,92, nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 72,19 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 78,33. Faktor utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah ketertarikan siswa dalam pembelajaran pemahaman membaca dengan penerapan strategi DRTA.

 

Kata Kunci: hasil belajar bahasa inggris,  strategi pemahaman bacaan directed reading thinking activity


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1852

Article Metrics

Abstract view : 446 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.