PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP DAN EKSPLORASI DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan hasil belajar menggambar teknik antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind map dengan strategi pembelajaran ekspositori, Perbedaan hasil belajar menggambar teknik antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dengan kinestetik, interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar menggambar teknik. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar menggambar teknik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind map, lebih tinggi dari pada ekspositori, hasil belajar menggambar teknik mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi daripada visual, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar menggambar teknik. Perhitungan uji lanjut dengan uji scheffe menunjukkan hasil belajar menggambar teknik mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran mind map, sedangkan hasil belajar menggambar teknik mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: strategi pembelajaran mind map, eksplorasi, gaya belajar, hasil belajar, menggambar teknik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1854
Article Metrics
Abstract view : 312 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.