PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK II DAN KESELAMATAN PENERBANGAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk: meningkatkan hasil pembelajaran Rangkaian Listrik II, meningkatkan performa instruktur di dalam kelas dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik taruna serta kurikulum yang ada, dan mengetahui dampak positif terhadap taruna yang dihasilkan sebagai efek penerapan pembelajaran penemuan terbimbing pada mata kuliah Rangkaian Listrik II dengan topik bahasan Rangkaian RC dan RL pada AC Circuit. Penelitian dilaksanakan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan. Metode penelitian yang dilakukan adalah Tindakan Kelas secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan: pengetahuan awal taruna sangat bervariasi, penerapan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing terjadi kenaikan hasil belajar pada ranah kognitif sebesar 64,17%, ranah afektif terjadi perkembangan sebesar 43,70% dan ranah psikomotor terjadi kenaikan sebesar 68,93%, penerapan pendekatan penemuna terbimbing dapat meningkatkan kemampuan instruktur dalam membuat perencanaan pembelajaran dan pelaksanaannya.
Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, rangkaian listrik, keselamatan penerbangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1859
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.