PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KRETIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Sriani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran induktif lebih tinggi dari pada siswa yang diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran deduktif; hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah; dan interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar kewirausahaan.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran yang berjumlah 11 kelas sebanyak 330 siswa. Teknik pengambalian sampel dengan Cluster random sampling. Teknik analisis dengan Anava dua jalur pada taraf sigifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang di ajar dengan metode pembelajaran induktif lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar  kewirausahaan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran deduktif; rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar kewirausahaan  siswa yang  memiliki kreativitas belajar rendah; dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar kewirausahaan.

 

Kata Kunci: metode pembelajaran, kretivitas, hasil belajar kewirausahaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1862

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.