IMPLEMENTASI E-LEARNING FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENDESAIN MATERI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NON CETAK

Evi Susilawati, Imamul Khaira

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mendesain materi pengembangan bahan ajar non cetak melalui e-learning flipped classroom. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengikuti langkah-langkah penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara pada tahun pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada matakuliah  Pengembangan Bahan Ajar dengan jumlah mahasiswa 17 orang. Teknik pengumpulan data pada  penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Alat pengumpulan data kuantitatif ini menggunakan instrumen materi pengembangan bahan ajar non cetak dengan menggunakan pilihan berganda yang diberikan secara online, sementara pada data kualitatif menggunakan hasil observasi kemampuan mahasiswa dalam mendesain materi pengembangan bahan ajar non cetak di kelas e-learning. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mendesain materi pengembangan bahan ajar non cetak dengan menggunakan e-learning flipped classroom.

 

Kata Kunci: Kemampuan Mahasiswa, Bahan Ajar Non Cetak, E-Learning Classroom

 

 

Abstract: This study aims to improve students' abilities in designing non-print teaching materials through e-learning flipped classrooms. This research is a classroom action research (CAR) by following the research steps, namely: planning, implementing, observing, analyzing and reflecting. The subjects of this study were students in the fifth semester of the Pancasila and Citizenship Education Study Program, the Teaching and Education Faculty of the Islamic University of North Sumatra in the 2020/2021 school year. The implementation of this classroom action research was carried out in the course of Teaching Material Development with a total of 17 students. Data collection techniques in this study using quantitative data. This quantitative data collection tool uses non-printed teaching material development materials instruments using multiple choices provided online, while the qualitative data uses observations of students' abilities in designing non-print teaching material development materials in e-learning classes. The results of this study indicate that there is an increase in the ability of students in designing non-print teaching materials development materials using e-learning flipped classrooms.

 

Keywords: Student Activity, Non-Printed Teaching Materials, E-Learning Flipped Classroom

 


Keywords


Kemampuan Mahasiswa, Bahan Ajar Non Cetak, E-Learning Classroom

Full Text:

PDF

References


Abadi, M.K, Pujiastuti, H. & Assaat. L.D. ( 2020). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student. Series: Journal of Physics.

Bariah, Siti Husnul. Rahadian, Dian. Tresna. M, Iwan Putra. (2019). Implementasi E-learning Dengan Model Flipped Classroom Dalam Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Jurnal PETIK. Volume 5, Nomor 2, September 2019. Diakses pada Tanggal 17 Januari 2021. Dari https://journal.institutdosenan.ac.id/index.php/petik/article.

Bond, M. (2020). Facilitating Student Engagement Through The Fipped Learning Approach in K-12: A sysTematic Review. Computers & Education. Diakses Tanggal 19 Januari 2021 Dari: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103819.

Chan, Cecilia. K. Y. (2017). A Review of Literature on Challenges in the Development and Implementation of Generic Competencies In Higher Education Curriculum. International Journal of Educational Development. 57(1).

Djajadi, Muhammad. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Enfield, J. (2013). Looking at The Impact of The Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN. Tech Trends, 57 (6), 2013. Diakses padaTanggal 12 Januari Dari https://link.springer.com/article.

Hendayana, Yayat. (2020). Tantangan Dunia Dosenan Di Masa Pandemi. Diakses pada Tanggal 15 Maret 2021, Dari https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti.

Hung, H. (2015). Flipping The Classroom for English language Learners to Foster Active Learning. Computer Assisted Language Learning, 28(1). Diakses pada Tanggal 20 Jaunari 2021, Dari https://www.tandfonline.com/doi/abs.

Kim, M., Kim, S., Khera, O., & Getman, J. (2014). The Experience of Three Flipped Classrooms In An Urban University: An Exploration of Design Principles. The Internet and Higher Education, 22. Doi: 10.1016/j.iheduc.2014.04.00.

Mudlofar, Ali. (2017). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Tingkat Guruan dan Bahan Ajar dalam Guruan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Sitohang, Risma. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD. Jurnal Kewarganegaraan, Volume 23, Nomor 02, Nopember 2014.

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business Press.

Shi, Y., Ma, Y., MacLeod, J., & Yang, H. H. (2020). College Students’ Cognitive Learning Outcomes in flipped Classroom Instruction: A meta-analysis of the Empirical Literature. Journal of Computers in Education, 7(1).

Susilawai, Evi. & Khaira, Imamul. 2020. Analisis Kemampuan Kerjasama Mahamahasiswa Secara Online Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Online. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) XII. Fakultas Kegurauan dan Ilmu Dosenan Universitas Terbuka.

Susilawati, Evi. (2020). Aplikasi Tutorial Berbantuan Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Pembelajaran PKn di SD Di Tengah Pandemi Covid-19. E Prosiding Seminar Nasional Virtual Dosenan Kewarganegaraan 2020. Diakses pada Tanggal 25 Pebruari 2021. Dari https://ppkn.fkip.uns.ac.id/prosiding-seminar-virtual-nasional-ppkn-2020.

Susilawati, Evi. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahamahasiswa Dalam Menganalisis Video Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran Webinar. Diakses pada Tanggal 20 Pebruari 2021. Jurnal Teknologi Dosenan Vol 3, NO 2, 2020 Dari https://jurnal.unimed.ac.id/index.php.

Thongkoo, K., Panjaburee, P., & Daungcharone, K. (2019). Integrating Inquiry Learning and Knowledge Management Into a Fipped Classroom to Improve Students’ Web Programming Performance in Higher Education. Knowledge Management & E-Learning, 11(3). Diakses pada Tanggal 12 Januari 2021 Dari https://www.kmel-journal.org/ojs/index.php/online.

Turan, Z., & Akdag-Cimen, B. (2020). Flipped Classroom in English Language Teaching: A Systematic Review. Computer Assisted Language Learning, 33(5–6. Diakses pada Tanggal 18 Januari 2021 Dari: https://doi.org/10.1080/09588 .

Yousef, Ahmed Mohamed Fahmy. & Chatti, Mohamed Amine. (2014). The State of Video-Based Learning: A Review and Future Perspectives. International Journal on Advances in Life Sciences. Vol 6, No 3 & 4, Tahun 2014. Diakses pada tanggal 6 Januari 2021 dari http://www.iariajournals.org/life_sciences




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.24105

Article Metrics

Abstract view : 1257 times
PDF - 1191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.