ASESMEN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BIOLOGI OLEH SISWA SEBAGAI KLASIFIKASI TINGKAT DIGITAL LITERACY PENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI ACEH BARAT

Rita Oktavia, Rufa Hera, Mardhatillah ., Nur Rokhman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hasil asesmen penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Biologi oleh siswa sebagai  identifikasi tingkat digital literasi pendukung program merdeka belajar di Aceh Barat. Penelitian dilakukan di dua SMA Negeri Kabupaten Aceh Barat. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2020. Sampel penelitian di ambil dari kelas XII MIA dari masing-masing sekolah yaitu SMA N 1 Meureubo berjumlah 30 siswa dan MAN 2 Aceh Barat berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan statistika deskriptif dengan tahapan Penilaian Acuan Patokan (PAP Tipe II). Berdasarkan hasis asesmen dibuktikan bahwa tingkat literasi digital siswa masuk penilaian kategori Tinggi pada MAN 2 Aceh Barat. Sedangkan Pada SMA N 1 Meureubo kategori penilaian tingkat literasi digital siswa Rendah.  Membuktikan bahwa penggunaan akses Multimedia interaktif disekolah di SMA Aceh Barat belum merata digunakan oleh siswa. Penerapan multimedia interaktif oleh guru belum diterapkan secara maksimal, artinya pengetahuan dan keahlian digital literasi guru SMA Aceh Barat  belum termediasi dan terfasilitasi dengan baik.

Kata Kunci: Tingkat Digital  Literasi, Multimedia, Multimedia Interaktif

 

Abstract: This study aims to prove the results of the assessment of the use of interactive multimedia learning Biology by students as identification of the digital literacy level to support the independent learning program in West Aceh.The research was conducted in two State Senior High Schools of West Aceh Regency. The research was conducted in the odd semester of 2020. The research sample was taken from class XII MIA from each school, namely SMA N 1 Meureubo totaling 30 students and MAN 2 Aceh Barat totaling 30 students. The research approach uses a quantitative approach.The data collection techniques used were questionnaires and documentation. The data analysis technique used descriptive statistics with the Benchmark Reference Assessment stage (PAP Type II). Based on the results of the assessment, it was proven that the digital literacy level of students was included in the High category assessment at MAN 2 Aceh Barat. Meanwhile, at SMA N 1 Meureubo, the assessment category for students' digital literacy level is Low. It proves that the use of interactive multimedia access in schools in West Aceh High School has not been evenly used by students. The teacher's application of interactive multimedia has not been maximally applied, meaning that the digital literacy knowledge and skills of West Aceh Senior High School teachers have not been mediated and facilitated properly.

Keyword: Levels of Digital Literacy, digital literacy, Multimedia, Interactive Multimedia.


Keywords


Tingkat Digital Literasi, Multimedia, Multimedia Interaktif

Full Text:

PDF

References


Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Vol. 8(No. 1), 1–28.

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.

Dewi, R. (2021). Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekresi Manusia Di SMA N 11 Aceh Barat Daya.

Feliska, H. . (2019). Tingkat Literasi Digital Siswa ditinjau dari Prestasi Belajar, Jenis Kelamin, Dan Motivasi Belajar. Duke Law Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Oktavia, R. (2020). Pengaruh Multimedia Interaktif pada pembelajaran Biologi Jaringan Tumbuhan Terhadap Keaktifan Dan Pengetahuan Siswa SMAN 6 Darul Makmur. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 73–81.

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA DITINJAU DARI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA MENGENGAH ATAS ( SMA ) KECAMATAN KUALA NAGAN RAYA. Bionatural, VII(2), 26–34.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri Di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1529–1535. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6635

Sidin, A., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Badan Penerbit UNM Makassar.

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 9. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148

Wulandari, E. (2017). Penerapan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi materi sistem saraf manusia pada siswa kelas XI SMA PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.24106

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 526 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.