PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR IT BUNAYYA KOTA LHOKSEUMAWE
Abstract
Abstrak: Penggunaan teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama khususnya dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran. Pemanfaatan media berbasis teknologi yaitu video pembelajaran dari youtube memiliki berbagai dampak bagi anak diantaranya akan mempengaruhi interaksi dan pola komunikasi saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media youtube terhadap komunikasi interpersonal anak usia sekolah dasar di SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest- Posttest Only Design, yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random dan hanya kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Sampel dikelas eksperimen sebanyak 27 orang dan kelas kontrol sebanyak 25 orang. teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil perhitungan uji t didapati t hitung > t tabel (3,13 > 2,01) sehingga dapat disimpulkan media youtube memiliki pengaruh terhadap peningkatan komunikasi interpersonal anak usia sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Youtube; Komunikasi Interpersonal; Anak
Abstract: The use of technology is currently a major need, especially in the world of education, one of which is by utilizing technology as a learning medium. The use of technology-based media, namely learning videos from YouTube, has various impacts on children, including influencing interactions and communication patterns during the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of using YouTube media on interpersonal communication of elementary school age children at SDIT Bunayya, Lhokseumawe City. This study uses a quantitative approach and the research method used is quasi-experimental with a research design of One Group Pretest-Posttest Only Design, namely the experimental group and control group are not chosen randomly and only the experimental class gets treatment while the control class does not get treatment. The sample in the experimental class is 27 people and the control class is 25 people. data collection techniques using a questionnaire/questionnaire. Data analysis technique using t test. The results of the t test calculation found t count > t table (3.13 > 2.01) so it can be concluded that youtube media has an influence on increasing interpersonal communication of elementary school age children.
Keywords: Youtube; interpersonal communication; children
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bianda, L. (2020). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. In Kumparan.
Devito, J. A. (2013). Open Library - Komunikasi Antarmanusia -5/E. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/16752/komunikasi-antarmanusia-5-e-.html
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.
Janah, M. M., Fadhli, M., & Kristiana, D. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Youtube Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Edupedia, 3(2), 110. https://doi.org/10.24269/ed.v3i2.304
Maulida, L. (2017). OKEZONE INNOVATION: Kisah YouTube yang Didirikan 3 Mantan Karyawan PayPal : Okezone techno. https://techno.okezone.com/read/2017/08/25/207/1763207/okezone-innovation-kisah-youtube-yang-didirikan-3-mantan-karyawan-paypal
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.
Nurkhalizah, S., & Rochmani, S. (2021). Nusantara Hasana Journal. 1(1), 95–101.
Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Ummaspul.e-Journal.Id. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/426
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589
Rahmatulloh, A. (2020). YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENGENDALIAN ORANG TUA TERHADAP ANAK. Jurnal.Utu.Ac.Id. http://jurnal.utu.ac.id/jsource/article/view/1845
Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Open access under Creative Commons Attribution-Non Commercial-Share A like 4.0 International Licence (CC-BY-SA) Record and Library Journal The Effectiveness of Youtube as a Student Learning Media (Study at the Faculty of Social and Political Sciences, Uni. Record and Library Journal, 4(2), 81–91.
Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. https://repository.unsimar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=620&keywords=
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sutarna, N. (2019). Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 61. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15102
Yaumi, M. (2013). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.28711
Article Metrics
Abstract view : 572 timesPDF - 1065 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.