PENGEMBANGAN MEDIA COMPACT DISK PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Sulhana Lely Siregar, Aceng Hasani, Luluk Asmawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Compact Disk (CD) pembelajaran IPA siswa sekolah dasar kelas IV. Karakteristik pengembangan media ini terdiri dari teks, gambar, audio dan animasi yang menawarkan pengalaman belajar interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan desain media CD pembelajaran yang dilengkapi dengan validasi para ahli, uji coba terbatas kepada 6 orang siswa di SDN Kebedilan, revisi model dan evaluasi akhir, 3) tahap implementasi media CD Pembelajaran IPA, terhadap 30 orang siswa kelas IV di SDN Cigabus. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda, dan angket untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa. Berdasarkan hasil telaah pakar atas aspek kualitas komunikasi, kualitas teknis, kualitas tampilan, kualitas materi, kualitas desain dan strategi pembelajaran memberikan penilaian sangat baik (rata-rata penilaian 3,4) menggunakan skala Likert) terhadap media yang dikembangkan.  Media CD Pembelajaran IPA dinilai efektif dan layak sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarakan hasil pre test dan post test ditemukan bahwa jumlah siswa yang nilainya meningkat sebanyak 74% dengan jumlah responden 30 orang.  Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap media yang dikembangkan.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengembangan media CD Pembelajaran IPA secara signifikan lebih efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Pengembangan media, CD Pembelajaran IPA

 

Abstrack: The aim of this study is to develop instructional Ccompact Disk (CD) natural science, fourth grade elementary scholl students. The media covers materials such as texts, figures, audios, and animation with intention interactive and fun learning experiences. The Research using a research and development method that consist of three phases: 1) preliminary study, 2) development of learning-sofware trough activities that included expert judgments, a software try out involving limited students at SDN Kebedilan, revision of the software, and final evaluation, 3) justifications of the effectiveness of the media CD natural science with 30 students, conducted at class IV SDN Cigabus Serang Banten Province. Instruments used in this study included a multiple choise test to measure the students learning result, and questionnaires to gather responses of students and other relevant faculty members. According to expert judgments of quality communication, learning design and software aspects, the experts give average assessment score of 3,4 (mening very good in Likert scale) . The CD media natural sciences effective as a learning resources that can improve learning outcomes . According pre test and post test in field test found the number of students whose value increase by 74% with the number of responden 30 people. Students and other faculty members gave positive responses to the media. In conculation, develop CD media natural science is more effective than conventional learning approach.

 

Keywords: Media Develop, CD Natural Science.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Perdasa.

Martono, N. (2010). Statistik Sosial Teory Dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Prawiradilaga, DS. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman. Kurniawan, D. Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Richey, RC. & Klein, JD. (2007). Design And Development Reseacrh Metods, Strategies, And Issues. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Rusman. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, AS. Haryono A. Rahardjo. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smaldino, ES. Russel, JD. Lawther LD. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sutopo, AH. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifudin, HE. Supardi. Syah, D. Muslihah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Teori, Model dan Penelitian Pengembangan Dalam Perspektif Teknologi.(2010). Diakses pada 2 Februari 2013, dari http://pasca.tp.ac.id/site/

Pengetahuan Alam. (2012). Diakses pada 15 Februari 2013, dari http://www.Puskur.net/inc/si/sd/Pengetahuan Alam .pdf

Hakikat IPA SD. ( 2012). Diakses pada 15 Februaru 2013, dari http://soekamajoe.blogspot.com/2012/10/contoh

Prinsip desain multimedia pembelajaran. (2010). Diakses pada 25 April 2013, dari http//www.slideshare.net/uweschaeruman

Teknik pengukuran kualitas perangkat lunak. (2006). Diakses pada 26 April 2013, dari http://romisatriawahono.net




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.32488

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.