PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Rizka Eka Putra, Abdul Muin Sibuea

Abstract


px; "> <Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia
siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar dan strategi
pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang berjenis kelamin
laki-laki dan perempuan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin
terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.
Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungtiram. Teknik analisis data statistik
deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji
dengan ANAVA dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar bahasa
Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar lebih
tinggi daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri, ditunjukkan oleh Fhitung =
78 Ftabel = 4,17, (2) siswa yang berjenis kelamin perempuan memperoleh hasil belajar bahasa
Indonesia yang lebih tinggi daripada siswa yang berjenis kelamin laki-laki, ditunjukkan oleh
Fhitung = 7,47 Ftabel = 4,17, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis
kelamin dalam memengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia, ditunjukkan oleh Fhitung = 87,29
Ftabel = 4,17.
Kata kunci: strategi pembelajaran, jenis kelamin, hasil belajar bahasa indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3306

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.