PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI
Abstract
> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS Geografi siswa yang
diajar dengan Strategi pembelajaran berbasis Genius Learning lebih tinggi daripada dengan
strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar IPS Geografi siswa yang memiliki gaya belajar
konvergen,lebih tinggi daripada yang memiliki gaya belajar divergen (3) interaksi antara strategi
pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Geografi siswa. Metode
penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Teknik analisis
data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) hasil belajar IPS Geografi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis
Genius Learning lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar IPS
Geografi siswa yang memiliki gaya belajar divergen lebih tinggi dibandingkan gaya belajar
konvergen; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis Genius Learning dan
gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Geografi. Interaksi hanya terlihat untuk gaya
belajar konvergen dan Divergen. Siswa dengan gaya belajar Konvergen memperoleh hasil belajar
yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran berbasis Genius Learning.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar IPS geografi
diajar dengan Strategi pembelajaran berbasis Genius Learning lebih tinggi daripada dengan
strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar IPS Geografi siswa yang memiliki gaya belajar
konvergen,lebih tinggi daripada yang memiliki gaya belajar divergen (3) interaksi antara strategi
pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Geografi siswa. Metode
penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Teknik analisis
data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) hasil belajar IPS Geografi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis
Genius Learning lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar IPS
Geografi siswa yang memiliki gaya belajar divergen lebih tinggi dibandingkan gaya belajar
konvergen; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis Genius Learning dan
gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Geografi. Interaksi hanya terlihat untuk gaya
belajar konvergen dan Divergen. Siswa dengan gaya belajar Konvergen memperoleh hasil belajar
yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran berbasis Genius Learning.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar IPS geografi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3307
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 516 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.