PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR EKSPRESI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Dan
Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ekspresi. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperiment desain faktorial 2 x 2.
Teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensial
yang digunakan adalah teknik analisa varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
berorientasi aktivitas siswa memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa
yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, diperoleh nilai Fhitung = 6,740 > Ftabel =
3,97, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar
menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah,
diperoleh nilai Fhitung = 225,041 > Ftabel = 3,97, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil
belajar menggambar ekspresi, diperoleh nilai Fhitung = 2,174 < Ftabel = 3,97.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, menggambar ekspresi
Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ekspresi. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperiment desain faktorial 2 x 2.
Teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensial
yang digunakan adalah teknik analisa varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
berorientasi aktivitas siswa memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa
yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, diperoleh nilai Fhitung = 6,740 > Ftabel =
3,97, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar
menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah,
diperoleh nilai Fhitung = 225,041 > Ftabel = 3,97, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil
belajar menggambar ekspresi, diperoleh nilai Fhitung = 2,174 < Ftabel = 3,97.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, menggambar ekspresi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3310
Article Metrics
Abstract view : 278 timesPDF - 414 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.