PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN APRESIASI SENI MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK

. Elisa, . Mukhtar

Abstract


> Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui hasil belajar Seni Musik siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran kontruktivisme dengan strategi pembelajaran langsung; (2)
mengetahui hasil belajar Seni Musik antara siswa dengan tingkat kemampuan apresiasi seni
musik tinggi lebih dengan kemampuan apresiasi seni musik rendah; dan (3) mengetahui interaksi
antara strategi pembelajaran dan kemampuan apresiasi seni musik dalam mempengaruhi hasil
belajar Seni Musik. Metode penelitian eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Teknik
analisis deskriptif dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur taraf signifikan α= 0,05
dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Seni Musik
siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan
dengan strategi pembelajaran langsung F hitung 9,58 > F tabel 3,94; (2) hasil belajar Seni Musik
siswa dengan kemampuan apresiasi seni musik tinggi lebih tinggi dari pada kemampuan apresiasi
seni musik rendah F hitung 25,48 > F tabel 3,94; dan (3) terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan kemampuan apresiasi seni musik dalam mempengaruhi hasil belajar Seni Musik
F hitung 35,08 > F tabel 3,94.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan apresiasi, seni musik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3312

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.