PENGARUH PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA
Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang
melalui proses pembelajaran pemahaman bacaan dengan strategi pemahaman bacaan Directed
Reading Thinking Activity (DRTA) dan strategi pembelajaran Known-Want to know-Learned
(KWL), (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki kecendrungan gaya belajar visual,
gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksi antara strategi pemahaman bacaan
dan kecendrungan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian dalam
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3, sedangkan teknik analisis
data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh: (1)
hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pemahaman
bacaan DRTA berbeda dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi pemahaman bacaan KWL, (2) Hasil belajar siswa yang memiliki
kecendrungan gaya belajar visual berbeda dibandingkan siswa yang memiliki kecendrungan gaya
belajar auditori dan kinestetik, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pemahaman
bacaan dan kecendrungan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, kemampuan membaca bahasa indonesia
melalui proses pembelajaran pemahaman bacaan dengan strategi pemahaman bacaan Directed
Reading Thinking Activity (DRTA) dan strategi pembelajaran Known-Want to know-Learned
(KWL), (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki kecendrungan gaya belajar visual,
gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksi antara strategi pemahaman bacaan
dan kecendrungan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian dalam
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3, sedangkan teknik analisis
data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh: (1)
hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pemahaman
bacaan DRTA berbeda dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi pemahaman bacaan KWL, (2) Hasil belajar siswa yang memiliki
kecendrungan gaya belajar visual berbeda dibandingkan siswa yang memiliki kecendrungan gaya
belajar auditori dan kinestetik, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pemahaman
bacaan dan kecendrungan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, kemampuan membaca bahasa indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3313
Article Metrics
Abstract view : 369 timesPDF - 427 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.