PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD, (2) untuk
mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif daripada
interaksi sosial kompetitif, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan
interaksi sosial terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode quasi
eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA
dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar
ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada
kooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 4,46 > Ftabel = 2,67 , (2) hasil belajar ekonomi siswa dengan
interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada interaksi sosial kompetitif, dengan Fhitung = 24,95
> Ftabel = 2,67, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap
hasil belajar ekonomi, dengan Fhitung = 8,63 > Ftabel = 2,67.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, interaksi social, ekonomi
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD, (2) untuk
mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif daripada
interaksi sosial kompetitif, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan
interaksi sosial terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode quasi
eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA
dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar
ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada
kooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 4,46 > Ftabel = 2,67 , (2) hasil belajar ekonomi siswa dengan
interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada interaksi sosial kompetitif, dengan Fhitung = 24,95
> Ftabel = 2,67, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap
hasil belajar ekonomi, dengan Fhitung = 8,63 > Ftabel = 2,67.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, interaksi social, ekonomi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3315
Article Metrics
Abstract view : 304 timesPDF - 1327 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.