PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST
Abstract
dth: 0px; "> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran berbasis Quantum Learning dan strategi pembelajaran ekspositori,
(2) mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadist antara siswa yang memiliki Gaya
Belajar Visual dan Gaya Belajar Auditori, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran
dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa. Metode penelitian
quasi eksperimen dengan statistik deskriptif menggunakan Anava 2 jalur pada taraf signifikan =
0,05, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji
Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran berbasis Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran
ekspositori. Fhitung = 105,78 > Ftabel = 3,95; (2) siswa yang memiliki gaya belajar visual
memperoleh hasil belajar Al-Qur’an Hadist yang lebih tinggi dibandingkan gaya belajar auditori.
Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabel = 3,95, dan (3) terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa. Hal
ini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar al-qur’an hadist
dengan strategi pembelajaran berbasis Quantum Learning dan strategi pembelajaran ekspositori,
(2) mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadist antara siswa yang memiliki Gaya
Belajar Visual dan Gaya Belajar Auditori, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran
dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa. Metode penelitian
quasi eksperimen dengan statistik deskriptif menggunakan Anava 2 jalur pada taraf signifikan =
0,05, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji
Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran berbasis Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran
ekspositori. Fhitung = 105,78 > Ftabel = 3,95; (2) siswa yang memiliki gaya belajar visual
memperoleh hasil belajar Al-Qur’an Hadist yang lebih tinggi dibandingkan gaya belajar auditori.
Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabel = 3,95, dan (3) terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa. Hal
ini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar al-qur’an hadist
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3326
Article Metrics
Abstract view : 223 timesPDF - 862 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.