UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS PADA MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science
(CLIS). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. subyek
penelitian adalah siswa-siswi yang memiliki tingkat inteligensi rata-rata sedang dengan jumlah
siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah bersumber dari hasil nilai pre test - post test 1, pre test - post test 2 , pre
test - post test 3 dan angket minat belajar siswa, dan lembar pengamatan saat PBM terhadap
pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa: (1) Model
pembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA,
dibuktikan dengan peningkatan hasil penelitian dari Rata-rata nilai ulangan pre test I, II, III = 57,41
sedangkan Rata-rata nilai ulangan post test I, II, III = 95,74 dan semua siswa setelah dibelajarkan
dengan model CLIS tidak ada yang dibawah KKM (70); dan (2) dengan meningkatnya hasil belajar
dan minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa ikut meningkat, dengan demikian guru sebagai
pendidik ikut membumi landaskan Revolusi Mental bagi peserta didik dalam Menyiapkan Generasi
Emas 2045.
Kata Kunci: model pembelajaran Children Learning In Science, pelajaran IPA
mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science
(CLIS). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. subyek
penelitian adalah siswa-siswi yang memiliki tingkat inteligensi rata-rata sedang dengan jumlah
siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah bersumber dari hasil nilai pre test - post test 1, pre test - post test 2 , pre
test - post test 3 dan angket minat belajar siswa, dan lembar pengamatan saat PBM terhadap
pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa: (1) Model
pembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA,
dibuktikan dengan peningkatan hasil penelitian dari Rata-rata nilai ulangan pre test I, II, III = 57,41
sedangkan Rata-rata nilai ulangan post test I, II, III = 95,74 dan semua siswa setelah dibelajarkan
dengan model CLIS tidak ada yang dibawah KKM (70); dan (2) dengan meningkatnya hasil belajar
dan minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa ikut meningkat, dengan demikian guru sebagai
pendidik ikut membumi landaskan Revolusi Mental bagi peserta didik dalam Menyiapkan Generasi
Emas 2045.
Kata Kunci: model pembelajaran Children Learning In Science, pelajaran IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3328
Article Metrics
Abstract view : 697 timesPDF - 539 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.