PENGARUH MODEL DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR POLA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari model direct instruction berbantuan media hand out terhadap hasil belajar pola dasar di kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Stabat. Jenis penelitian adalah quasi-experiment dengan desain Post Test Only Design. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling, yaitu kelas X-2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen menggunakan model direct instruction berbantuan media hand out dan X-1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media hand out. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang telah dinyatakan valid oleh validator. Hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (20,05 > 1,66), yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil pembelajaran pola dasar membuat tubuh bagian atas dengan teknik mengalungkan menggunakan model intrusi langsung dibantu media dengan cara kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Stabat.
Kata kunci: Intrusi Langsung, Hand Out, Hasil Belajar
Abstract :This researh have purpose to know the effect of direct instruction model aided hand out media toward learning outcomes of basic patterns in class X fashion at vocational high school 1 Stabat in academic. The type of researh is quasi-experiment with design Post Test Only Design. The sampel was take by using total sampling, that is class X-2 which totaled 35 people as experiment class using direct intruction model assisted hand out media and X-1 which totaled 35 people as control class using conventional learning models aided hand outs media. The instrument used in this research is the observation sheet that has been declared valid by the validator. The calculation result of hypothesis testing by t test obtained tcount > ttable (20.05 > 1.66), which means that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. the existence of positive and significant influence on the learning result of basic pattern making upper body with a draping technique using direct intruction model aided hand out media in class X fashion at vocational high school 1 Stabat.
Keywords: Direct Intruction, Hand Out, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga Press.
Arikunto, 1998. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers
Chonstantika, A. L., Haryono, & Yamtinah, S. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 25-33.
Depdiknas, 2001. Modul Membuat Pola dasar sistem Drapping. Unesa: Direktorat Pembinaan SMK.
Dika I.M, dkk (2005). Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri.
Djamarah, 2011. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eis S, dkk (2015). Pengaruh mode pembelajaran langsung (direct Instruction) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas vii SMP Negeri 1 Tambusai utara.
Ernawati, Izwerni & Nelmira, W. 2008. Tata busana untuk SMK jilid 2. Jakarta: Direktorat pembinaan SMK.
Hamalik, O. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indrawati. (2005). Model Pembelajaran Langsung. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1995). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sadirman, Arief S. (dkk). 2009. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. (2010). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3 (1), 7-10.
Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi 3. Jakarta: Kencana Pramedia Group.
Sofan, A. & Ahmadi, L.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif danInofatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Subarno. 2013. Penggunaan Direct InstructionBerbasis Lingkungan untukPeningkatan Domain Afektif IPA Fisika Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Fisika,2(1), 24-26.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Suranti, N. M. Y.,Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.
Tihuluw, M., Y.,Tulandi, D.,Windia, I., W. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Presentasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa.JSME MIPA UNIMA. 2(8).
Trianto, 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: Konsep, landasan dan implementasi pada kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI).Jakarta: Kencana
Usman. (2013). Penerapan Model direct intruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan.
Wahyudi. A., & Nurhayati. 2002. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (DirectInstruction) Terhadap Hasil BelajarFisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 15-19.
Widyanto, putu. 2011. Pembelajaran Konvensional. Diakses pada 25 November 2016,11:45 WIB dari https://putuwidyanto.wordpress.com. Pembelajaran konvensional.
Yunitasari, W., Susilowati, E., & Nurhayati, N.D. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 182-190.
Zaini, Sutrio, &Gunawan. 2015. Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Direct Instruction (DI) Melalui Pemodelan Korektif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuhan Haji Tahun Ajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 136-139.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33731
Article Metrics
Abstract view : 222 timesPDF - 259 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.