PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL TIONGHUA DAYAK MELAYU KALIMANTAN BARAT BAGI SATUAN PAUD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul pembelajaran multicultural Tionghua Dayak Melayu Kalimantan Barat bagi satuan PAUD. E-modul ini didesain menggunakan aplikasi Flip Pdf. Corporation dan dapat digunakan pada perangkat ponsel android maupun laptop. Tujuan dari media ini agara pendidik PAUD memahami dan mempergunakan e-modul ini untuk pembelajaran di satuan PAUD. Penelitian menggunakan Research and Development. Model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekapitulasi rata-rata validasi ahli desain 4,8 dan hasil rekapitulasi rata-rata validasi ahli media 4,7 menyatakan “valid” dan hasil revisi produk dari validasi ahli dilanjutkan tahap uji coba uji coba produk kepada guru PAUD meliputi uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan menunjukkan hasil respon “sangat positif”. Tahap implementasi, pelatihan penerapan e-modul pembelajaran multicultural Tionghua Dayak Melayu Kalimantan Barat bagi Satuan PAUD pada pendidik PAUD dalam proses pembelajaran dan tahapan terakhir berupa evaluasi dari produk e-modul terhadap hasil respon pendidik PAUD dengan kategori “sangat positif” dan hasil penggunaan serta manfaat pendidik PAUD terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah menggunakan e-modul. Pada respon pendidik PAUD terhadap penggunaan e-modul sangat positif, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata respon pendidik PAUD sebesar 97,10% yaitu 85 < 𝑹𝒔 𝒎𝒆𝒅𝒊𝒂 < dengan kriteria “Sangat Positif” dengan demikian respon pendidik terhadap e-modul pembelajaran sangat tinggi, pendidik merasa senang, termotivasi dan tertarik melakukan pembelajaran dengan e-modul.
Kata Kunci: e-modul, multicultural tionghua dayak melayu, model ADDIE, PAUD.
Abstract: The purpose of this study was to develop a multicultural learning e-module for Chinese Dayak Malay West Kalimantan for PAUD units. This e-module is designed using the Flip Pdf application. Corporation and can be used on Android mobile devices and laptops. The purpose of this media is for PAUD educators to understand and use this e-module for learning in PAUD units. Research using Research and Development. ADDIE development model. The results showed that the average recapitulation of design expert validation was 4.8 and the average recapitulation results of media expert validation were 4.7 which stated "valid" and the results of product revisions from expert validation were continued with the trial phase of product trials to PAUD teachers including individual tests , small group tests, and field tests showed "very positive" responses. The implementation stage, training on the implementation of the Chinese Dayak Melayu West Kalimantan multicultural learning e-module for PAUD Units for PAUD educators in the learning process and the last stage is an evaluation of the e-module product on the response results of PAUD educators in the "very positive" category and the results of use and benefits PAUD educators have differences in scores before and after using the e-module. The response of PAUD educators to the use of e-modules is very positive, as evidenced by the average response value of PAUD educators of 97.10%, namely 85 < 𝑹𝒔 𝒎𝒆𝒅𝒊𝒂 < with the criteria "Very Positive" so that the response of educators to the learning e-module is very high , educators feel happy, motivated and interested in learning with e-modules.
Keywords: e-module, multicultural Chinese Dayak Malay, ADDIE model, PAUD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arum Sukma Kinasih & Rozi Sastra Purna. (2015). Psikologi Pendidikan anak Usia Dini Menumbuhkembangkan Potensi Bintang Anak di TK Atraktif. Jakarta: Indeks.
Aunurahman. (2019). Penelitian Kualitatif dan Pengembangan Memuat Konsep-Konsep Praktis Untuk Dosen dan Mahapeserta Didik. Pontianak:Fahruna Bahagia.
Dakir. (2007). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan Deni. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ella Yulaelawati. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Halimah, Leli. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Khairunnisa, A., & Solihah, H. (2016). Pengaruh Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 59.
Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mashar Riana. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mering, Aloysius. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Muhammad Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar Ruzz Media.
Muliani Novi. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2020). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngurah Agung, Gusti. (2013). Manajemen Penyajian Analisis data Sederhana. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Pribadi, Benny A. (2018). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
R.Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.
Sanaky, Hujair. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sanjaya, Wina. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories An Educational Persective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Seels, Barbara B & Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya. Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.
Semiawan, Conny. (2008): Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
Sitepu. (2017). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Smaldino, Sharon E. Lowther, Deborath L & Russell, James D. (2012). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Edisi Kesembilan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sugiyono. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulisworo Dwi. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Semarang: Sindur Press.
Sunarto, Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sundayana, Wachyu. (2014). Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga.
Suryana Yaya, Rusdiana. (2015). Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep Prinsip dan Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. (2011). Media Pembelajaran Bandung: CV Wacana Prima.
Ulfah Maulidiyah, Suyadi. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari, Taat. (2020). Konsep dan Praktis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44838
Article Metrics
Abstract view : 196 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.