PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGTIRAM

Rizka Eka Putra, Abdul Muin Sibuea

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan siswa yang berjenis kelamin perempuan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin  terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:  (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, (2) siswa yang berjenis kelamin perempuan memperoleh hasil belajar bahasa Indonesia yang lebih tinggi daripada  siswa yang berjenis kelamin laki-laki, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin dalam memengaruhi  hasil belajar bahasa Indonesia.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, jenis kelamin, hasil belajar bahasa indonesia

Abstract: This study aims to determine: (1) differences in learning outcomes of Indonesian students who are taught using learning strategies learned societies and taught using learning strategies of inquiry, (2) differences in learning outcomes Indonesian student-sex male and students are female, and (3) the interaction between the learning strategies and gender on learning outcomes Indonesian. This study is a quasi-experimental research. Hypothesis testing results show that: (1) the learning outcomes Indonesian students who are taught using learning strategies learning communities is higher than students that learned to use learning strategies of inquiry, (2) students who are female acquire learning outcomes Indonesian higher rather than student-sex male, and (3) there is no interaction between the learning strategies and gender in influencing learning outcomes Indonesian.

Keywords: learning strategies, gender, learning outcomes Indonesian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4892

Article Metrics

Abstract view : 567 times
PDF - 674 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.