PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR INSTALASI LISTRIK PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 5 MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah. dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik.
Kata kunci: strategi pembelajaran, minat kejuruan, menguasai dasar instalasi listrik, program keahlian teknik pemanfaatan tenaga listrik
Abstract: This study aims to determine: (1) the learning outcomes Basic Electrical Installation learners taught by contextual learning strategy was higher than students taught by instructional strategies expository, (2) the learning outcomes Basic Electrical Installations students who have an interest high vocational higher compared with students who have a lower vocational interests and (3) the interaction between the learning strategy with a vocational interest in affecting learning outcomes Basic Electrical Installation learners. The research method quasi with 2 x 2 factorial design analysis technique used is the analysis of variance of two lanes (Two Way Anova 2 x 2) with significance level = 0.05 using the Test-F, testing a further test using Scheffe test. The findings show: (1) the learning outcomes Basic Electrical Installation learners taught by contextual learning strategies more than in the learning outcomes of students taught by instructional strategies expository, (2) the learning outcomes Basic Electrical Installations students who have interest in vocational high higher than the learning outcomes of students who have a vocational interest low. and (3) there is interaction between the learning strategy with a vocational interest in affecting learning outcomes Basic Electrical Installation learners.
Keywords: learning strategies, vocational interests, mastering basic electrical installation, program utilization of electric power engineering
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4893
Article Metrics
Abstract view : 256 timesPDF - 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.