PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI MEDAN

Zulkarnaen Arafat Simatupang, Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar matematika yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah; (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifika = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: pendekatan pembelajaran, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika

Abstract: The purpose of this study to determine: (1) the difference between the results of students' mathematics learning taught by realistic mathematics learning approach (PMR) and mathematics learning outcomes of students with expository approach; (2) differences in mathematics learning outcomes that have high achievement motivation in students with low achievement motivation; (3) the interaction between learning approach to achievement motivation on students' mathematics learning outcomes. The research method using Quasi experimental design with 2 x 2 factorial study data were analyzed using ANOVA two paths at the level signifika = 0.05. Results of the analysis showed that: (1) the results of students' mathematics learning taught by learning approach realistic mathematics (PMR) is higher than on learning outcomes for mathematics students who are taught to approach expository there are significant differences between the results of learning mathematics students with achievement motivation high students with low achievement motivation, there is interaction between learning approach and achievement motivation on students' mathematics learning outcomes.

Keywords: approach to learning, achievement motivation on learning outcomes mathematics

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4895

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.