PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING)

Parlin ., Muhammad Badiran

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar Sosiologi peserta didik melalui penerapan strategi pengorganisasian peta konsep (concept mapping). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi kelas, wawancara, penyebaran angket, evaluasi formatif, dan diskusi dengan guru mitra (kolaborator). Hasil tindakan siklus I menunjukkan 67% atau 22 dari 33 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan mencapai nilai KKM (≥ 70), dan di siklus II meningkat signifikan menjadi 91% atau 30 dari 33 peserta didik  telah mencapai nilai KKM (≥ 70). Hasil simpulan tersebut diperkuat dengan hasil angket pendapat peserta didik tentang pembelajaran dengan peta konsep yang menunjukkan di siklus I terdapat 14 dari 33  peserta didik atau 42,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep cukup membantu dalam belajar Sosiologi dan 11 dari 33 peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi. Sedangkan di siklus II terdapat 16 dari 33 peserta didik atau 48,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi dan 5 dari 33 peserta didik atau 15,2% menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep sangat baik dalam belajar Sosiologi.

 

 

Kata Kunci: hasil belajar sosiologi, strategi pengorganisasian peta konsep

 

Abstract: This research was aimed to: (1) the difference betweeen students learning of outcome in automotive electrical  taught with STAD cooperative learning strategy and jigsaw cooperative learning strategy, (2) the difference of automotive electrical learning of outcome between students automotive electrical with  high interest in entrepreneurship and low interest in entrepreneurship and (3) to find out whether there was any interaction effect between learning strategy with interest in entrepreneurship on the students outcome of Automotive electrical. The research method used quasi experiment with factorial design 2x2. The data analysis technique was analysis of variance (ANOVA) two way at significant a = 0.05. The finding of the research showed that: (1) the students outcome in Automotive electrical that taught by jigsaw cooperative learning  strategy had a higher than outcome the students outcome that taught by STAD cooperative learning strategy, (2) the students outcome in Automotive electrical that taught by high interest in entrepreneurship is higher than low interest in entrepreneurship and (3) there is no interaction between learning strategy with interest in entrepreneurship  on the students outcome of Automotive electrical.

 

Keywords: learning outcomes sociology, organizational strategy map concept

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v6i1.4984

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 410 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.