PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK

Novidawaty Tambunan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, lebih tinggi dari pada strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik lebih tinggi daripada gaya belajar Visual; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, menggambar teknik

 

Abstract: This study aims to determine: (1) Differences in learning outcomes Drawing techniques 1 between students taught with Mind Map learning strategies and expository learning strategies, (2) Differences in learning outcomes Drawing techniques 1 between students who have visual learning styles with kinestetik, (3) interaction between learning strategy and learning style to learning result Drawing technique 1. Method research using quasi experimental method with 2 x factorial research designs 2. Data analysis technique using two-way ANOVA at significance level α = 0,05. The results showed that: (1) learning result Drawing technique 1 students taught by Mind Map learning strategy, higher than expository learning strategy; (2) learning outcomes Drawing techniques 1 students who have a higher learning style Kinesthetic than Visual learning style; (3) there is an interaction between learning strategies and learning styles on learning outcomes Drawing technique 1.

 

Keywords: learning strategy, learning style, drawing technique

Keywords


strategi pembelajaran, gaya belajar, menggambar teknik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8715

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.