Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dahlia Indah

Rina Sakbaina Lubis, Anita Yus

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah kognitif anak yang masih kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kognitif anak usia 4- 5 tahun di TK DAHLIA INDAH Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksprimen)  desain Quasi Exprimental dengan bentuk The Equivalent Time Sample Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun (kelompok A) di TK DAHLIA INDAH. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh yaitupengambilansampel secara keseluruhan dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang anak. Variabel bebas adalah pendekatan saintifik sedangkan variabel terikat adalah kognitif anak. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi terstruktur. Analisis data menggunakan uji- t dengan taraf nyata a= 0,05 dengan nilai kritis 0,242.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang diberi perlakuan pertama dengan pendekatan saintifik memilki nilai rata- rata 14,83berada pada klasifikasi baik (B). Anak yang tidak diberi perlakuan pertama tanpa pendekatan saintifik memiliki nilai rata- rata 12,33 berada pada klasifikasi cukup baik (CB). Anak yang diberi perlakuan kedua dengan pendekatan saintifik memiliki nilai rata- rata 20,83  berada pada klasifikasi  sangat baik(SB), Sedangkan anak yang tidak diberi perlakuan kedua tanpa pendekatan saintifik memiliki nilai rata- rata 17,83 berada pada klasifikasi baik (B). Dari hasil perhitungan uji hipotesis pada priode diberi perlakuan terakhir diperoleh thitung = 0,28 dengan dk 11, a = 0,05 harga ttabel diperoleh 1,796 sehingga dapat dinyatakan bahwa ttabel > thtung (1,796 > 0,28), sedangkan untuk priode dengan tidak diberi perlakuan  terakhir diperoleh nilai thitung dengan jumlah 0,17 yang dibandingkan dengan ttabel yang bernilai 1,796 sehingga dapat dinyatakan bahwa ttabel > thitung (796 > 0,17). Maka dapat disimpulkan dari kedua nilai thitungyang didapat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa “Terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kognitif anak usia 4-5 tahun di TK DAHLIA INDAH T.A 2018/2019”

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i1.14642

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 835 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.