Pengaruh Permainan Tradisional Gowokan terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gowokan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B TK Pelangi Bayangkara. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan memberikan kertas pada ketiga kelas yaitu B1, B2 dan B3, lalu dimasukkan kedalam gelas wadah dan dikocok, kemudian diambil secara acak yang terambil pertama yakni kelas eksprimen, dan yang terambil kedua yakni kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen8,23 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,29 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 6. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,48 >1,699 pada taraf α = 0.05. Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional gowokan dapat mempengaruhi perkembangan sosialemosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v3i1.14652
Article Metrics
Abstract view : 161 timesPDF - 302 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.