Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T.A 2018/2019

Ayu Astuti, Jasper Simanjuntak

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kognitif anak belum  berkembang secara maksimal maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan permainan puzzle. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kognitif anak yaitu dari hasil uji hipotesis thitung (5,69) > ttabel (1,701). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan     : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i2.16196

Article Metrics

Abstract view : 685 times
PDF - 2845 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.