Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A 2018/2019

Hazriyati Hazriyati, Nasriah Nasriah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Perwanis Medan semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yaitu Post test Only Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 40 anak .Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 anak di kelas eksperimen dan 20 anak kelas control, variabel bebas adalah permainan engklek sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial anak. instrument pengumpulan data pedoman observasi terstruktur. Analisi data menggunakan uji-t taraf nyata = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberi perlakuan dengan metode eksperimen memiliki nilai rata-rata 13,7. Hasil penelitian perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberi perlakuan dengan permain lompat tali memiliki nilai rata-rata 8,05. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh =13,45 dengan dk= (+)-2 =38, =0,05, harga  diperoleh 1,707 sehingga diperoleh > (13,45>1,707). Dengan demikian  ditolak  diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari permain engklek terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Perwanis Medan Tahun ajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i2.16202

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 2541 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.